Rabu, 15 Mei, 2024

Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Emas dan Perak Olimpiade Matematika Internasional di Thailand

MONITOR, Jakarta – Tiga siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati memboyong dua medali emas dan satu perak Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO), di Bangkok, Thailand. Ketiganya adalah Faiz Rifqi Andhika (emas), M. Abdul Fattah (emas), dan Hanindya Laily Azzahra (perak).

Babak Final TIMO berlangsung tiga hari, 26 sampai 28 April 2024. Pemenang diumumkan saat awarding di Chao Prhaya Grand Hall, Bangkok World. Minggu (28/4/2024).

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengaprestasi dan bersyukur atas prestasi para siswanya. Dia berharap prestasi ini bisa memotivasi para siswa untuk terus berprestasi, terus belajar, dan tetap rendah hati.

“Tentunya ini akan membentuk karakter mereka menjadi anak yang cerdas, ikhlas, dan saleh-salehah,” ujarnya.

- Advertisement -

“Kepada guru pembimbing dan pendamping diharapkan terus membimbing anak-anak kami agar terwujud manusia unggul yang rahmatan lil’alamin,” imbuh Syafak.

Syafak menyampaikan terima kasih kepada Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI, Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, dan Pj. Bupati Pati atas doa restu dan dukungan yang diberikan.

“Semoga prestasi ini mampu mengharumkan Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dan tentunya Indonesia, guna mewujudkan madrasah, terutama MTsN 1 Pati yang berkarakter, Unggul, (maju bermutu), dan mendunia,” pungkasnya.

Faiz, peraih emas TIMO 2024, mengaku senang sekaligus tidak percaya diri bisa menerima medali berjejer dengan para siswa hebat dari berbagai negara. Dengan capaian ini, Faiz tidak hanya mengharumkan nama Kabupaten Pati dan Jawa Tengah saja, akan tetapi Indonesia di ajang internasional.

“Senang sekali, Alhamdulillah. Pertama ikut lomba di luar negeri, bertemu dan berkompetisi dengan siswa dari negara lain adalah pengalaman yang sangat berharga dan tidak terlupakan,” kata Faiz usai menerima penghargaan.

“Semoga ini menjadi tambahan pemacu semangat saya terutama, dan teman-teman lain untuk berprestasi di bidang masing-masing,” tambahnya.

Final Round TIMO 2024 dibuka President of TIMO, Dr. Andy Lam. Kompetisi ini diikuti wakil dari 13 negara, yaitu: Hong Kong, Indonesia, Thailand, Cambodia, Bulgaria, Malaysia, Myanmar, Philippines, Sri Lanka, India, Australia, Vietnam, dan Brazil.

Vice President of Timo-Indonesia Ami Triono saat sambutan mengatakan ada 406 peserta TIMO asal Indonesia, 123 di antaranya ikut secara offline. Total, tim Indonesia pada ajang ini meraih 25 medali emas, 33 medali perak, 29 medali perunggu, dan 36 merit.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER