Senin, 29 April, 2024

Tinjau Renovasi Stadion Kanjuruhan Malang, Komisi X Dukung Kebangkitan Sepak Bola

MONITOR, Jakarta – Komisi X DPR RI mendukung pemerintah dan pelaku olahraga, khususnya sepak bola, untuk bangkit kembali, termasuk mengurai satu per satu permasalahan yang ada. Salah satu masalah yang disoroti Komisi X adalah tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu. 

“Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR kali ini khusus dalam bidang olahraga yang tidak lain sebagai bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dan pelaku olahraga. Sehingga dibagi dalam tiga tim kunjungan yakni ke daerah Bali, Sidoarjo dan Malang lebih tepatnya meninjau proyek renovasi Stadion Kanjuruhan, Malang,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih saat meninjau stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Kamis (14/3/2024). 

Dijelaskannya, Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu lokasi kunjungan Komisi X DPR RI untuk melihat secara langsung proyek renovasi stadion Kanjuruhan. Pasalnya renovasi Kanjuruhan menjadi salah satu langkah dalam menindaklanjuti tragedi Kanjuruhan pada 2022 lalu. Meskipun, menurutnya, faktor stadion bukan penyebab tunggal terjadinya peristiwa tersebut. Namun perbaikan fisik stadion sepak bola Kanjuruhan yang menurut rencana akan mengikuti standard FIFA ini akan meminimalisir atau mengantisipasi terjadinya peristiwa serupa di kemudian hari.

Dari tinjauan langsungnya, Politisi dari Fraksi PKS ini melihat ada beberapa perubahan fisik yang masih dalam pengerjaan dari stadion Kanjuruhan. Seperti peningkatan luas stadion dengan kapasitas penonton yang lebih banyak lagi dengan tribun berjenis single seat. Selain itu renovasi stadion juga meliputi peningkatan tangga evakuasi, renovasi atap tribun, renovasi lapangan rumput, pagar dan gerbang keliling dengan zona aman, peningkatan toilet dan musala, serta penguatan struktur pondasi dan bangunan. 

- Advertisement -

“Bukan kapasitas kami menilai fisik dari proyek renovasi stadion ini, karena renovasi ini di bawah Kemeterian PUPR yang bermitra dengan Komisi V DPR RI. Namun intinya kami sangat mendukung upaya perbaikan infrastruktur stadion sepakbola ini, tentunya yang lebih safety atau aman dan nyaman, serta berstandard internasional tentunya,” tambahnya. 

Hadir pula beberapa Anggota Komisi X DPR RI lainnya, seperti Adriana dondokambey, Djohar Arifin Husin, Fahmi Alaydroes dan Debby Kurniawan. Komisi X berharap, pembangunan atau renovasi stadion Kanjuruhan, menjadi simbol bagi kebangkitan olahraga, khususnya cabang sepakbola di tanah air. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER