POLITIK

Ditanya Komitmennya tentang Kebebasan Pers, Anies Singgung Rekam Jejaknya di DKI

MONITOR, Jakarta – Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan komitmennya tentang kemerdekaan pers. Komitmen tersebut disampaikan Anies saat Deklarasi dan Penandatanganan Komitmen Capres-Cawapres tentang Kemerdekaan Pers di Kantor Dewan Pers, Jakarta Pusat, Sabtu malam (10/2).

Anies menyatakan bahwa demokrasi ditopang oleh tiga hal. Yakni, pemilu yang dilaksanakan secara jujur dan adil, adanya ruang ekspresi bagi oposisi, dan kebebasan berpendapat bagi semua warga negara. “Salah satu komitmen kami tentang kebebasan dan kemerdekaan pers adalah kami datang ke sini,” tegas Anies kepada wartawan setelah deklarasi.

Penegasan Anies tersebut menjawab pertanyaan wartawan tentang komitmennya terhadap kemerdekaan pers jika kelak terpilih menjadi presiden. Apalagi, dua capres lainnya hanya diwakili oleh ketua tim pemenangan nasional masing-masing. “Kami juga tentu memiliki kesibukan, tapi kami datang ke sini sebagai komitmen kami terhadap kemerdekaan dan kebebasan pers,” jelas Anies.

Capres yang diusung Nasdem, PKS, dan PKB itu mengatakan, negara bukan hanya bertanggung jawab menjamin kebebasan pers. Tugas lain negara yang tidak boleh diabaikan adalah melindungi para jurnalis baik dari ancaman negara maupun ancaman pihal lain. “Komitmen itu sudah kami sampaikan di dalam (saat acara deklarasi) dan itu akan kami jalankan semuanya (jika terpilih jadi presiden),” papar Anies.

Apalagi, lanjut Anies, rekam jejaknya selama bertugas menjadi gubernur DKI tidak pernah bersebrangan dan memusuhi pers. “Karena nila masa lalunya pernah menekan media, mengunci media, maka ke depan akan seperti itu. Tapi bila masa lalunya bekerjasama dengan baik dengan media maka ke depan akan bekerja dengan baik dengan media,” tandas Anies.

Recent Posts

Aksi Bela Palestina, Civitas Akademika IPB Kecam Kekejaman Zionis Israel

MONITOR, Jakarta - Civitas academica IPB University pada hari Kamis (9/5) mengadakan Aksi Bela Palestina…

2 jam yang lalu

Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Kedepankan Anti Kekerasan

MONITOR, Jakarta - Farhan Rizky Romadon melakukan tindakan berani menghalau tindakan pengeroyokan kepada mahasiswi Katolik…

4 jam yang lalu

75,3 Ton Gaharu Berangkat Ke Probolinggo

MONITOR, Asmat - Gaharu atau Aquilaria filarta merupakan salah satu tumbuhan alam yang tumbuh baik…

5 jam yang lalu

Kenaikan Yesus Kristus, Menag: Motivasi Layani Sesama dan Merajut Kebersamaan dalam Keragaman

MONITOR, Jakarta - Hari ini umat Kristiani memperingati Kenaikan Yesus Kristus. Menag Yaqut Cholil Qoumas…

7 jam yang lalu

554 Kloter Jemaah Haji Reguler sudah Tervisa, Siap Diberangkatkan Mulai 12 Mei 2024

MONITOR, Jakarta - Proses pemvisaan jemaah haji reguler 1445 H/2024 M asal Indonesia mendekati final.…

8 jam yang lalu

Kementan Terus Giatkan Percepatan Tanam dan Antisipasi Serangan Hama di Bandung Barat

MONITOR, Bandung Barat - Kementerian Pertanian RI (Kementan) terus menggiatkan percepatan olah tanah dan gerakan…

9 jam yang lalu