Sabtu, 27 April, 2024

Masinton Dukung UMKM Dapatkan Kemudahan Permodalan, Pelatihan, dan Keterampilan

MONITOR, Jakarta – Tim Komisi XI DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) ke Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Rabu (24/01/2024). Kunsfik Komisi XI DPR RI tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Mitra Binaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Provinsi Jawa Timur.

Terlihat sejumlah stan pameran dagang UMKM berupa hasil kerajinan tangan, makanan, hingga pakan hewan yang memiliki kualitas yang baik. Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu yang hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan dukungannya terhadap para pelaku UMKM agar usahanya mendapatkan kemudahan permodalan, pelatihan, dan keterampilan.

“Jadi tadi juga kita berinteraksi dan berdialog bahwa permodalan, keterampilan dan juga bantuan akses pasar itu bisa membuat UMKM kita tumbuh, khususnya di wilayah Sidoarjo dan kemudian bisa ekspansi ke luar Sidoarjo, khususnya di wilayah Jawa Timur,” kata Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Dukungan tersebut menurut Masinton tidak hanya datang dari OJK, melainkan dari perbankan daerah hingga Bank Perekonomian Rakyat (BPR). “Jadi sinergi OJK, Bank Jatim dan juga BPR diperlukan untuk membiayai permodalan, pelatihan, keterampilan kelompok usaha,” ujar Masinton.

- Advertisement -

Sebagaimana diketahui bersama bahwa UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam menopang pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Selain itu, UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian suatu negara. “Artinya OJK bisa membantu mensupervisi bank daerah, seperti Bank Jatim dan Bank Perekonomian Rakyat di bawah untuk bisa membantu UMKM di wilayah Sidoarjo ini,” tutup Masinton.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi XI DPR RI Hidayatullah, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi, Kepala OJK Provinsi Jawa Timur Giri Triboto, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK Nasirwan, Direktur Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis OJK Dedy Patria, Direktur Inklusi Keuangan OJK Edwin Nurhadi, Direktur Konsumer, Ritel, dan Usaha Syariah Bank Jatim Arif Wicaksono serta Direktur Utama BPR Delta Artha Sofia Nurkrisnajati Atmaja.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER