Minggu, 28 April, 2024

Ketua DPR Resmikan Taman Pemuda Soekarno di Ngawi

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meresmikan Taman Pemuda Soekarno di Ngawi, Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, ia mengingatkan 3 (tiga) ajaran Bung Karno khususnya bagi para generasi muda.

Puan datang ke Taman Pemuda Soekarno yang berada di Jalan Ring Road Ir. Soekarno, Ngawi, pada Jumat (19/1/2024), didampingi Anggota DPR Ahmad Basarah dan Sri Rahayu. Kehadiran Puan disambut Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan wakilnya, Dwi Rianto Jatmiko beserta jajaran Forkopimda Ngawi.

“Jas Merah, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, itu kata Bung Karno. Jangan lupakan sejarah agar tidak seperti kacang lupa kulitnya,” kata Puan dalam keterangannya.

Taman Pemuda Soekarno dibangun Pemkab Ngawi sebagai wadah bagi masyarakat Ngawi khususnya para pemuda untuk berinteraksi dan bersosialisasi secara positif. Terdapat monumen Bung Karno berupa patung setinggi 6 meter di taman dengan total luas 8075 meter persegi tersebut.

- Advertisement -

Adapun Taman Pemuda Soekarno akan terintegrasi dengan beberapa kawasan, yakni Zona Taman Kota, Zona Pendopo, Zona Perkantoran, dan Zona Hutan Kota. Saat ini zona-zona lainnya itu sedang dalam tahap pembangunan.

Peresmian Taman Pemuda Soekarno ditandai dengan penekanan tombol untuk pembukaan selubung di Patung Bung Karno oleh Puan didampingi Bupati Ngawi. Puan juga sekaligus membubuhkan tandatangan di prasasti Patung Bung Karno. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Kawasan Taman Pemuda Soekarno,” tutur Cucu Bung Karno itu.

Patung Bung Karno di taman ini merupakan hasil karya seniman asal Yogyakarta. Patung tersebut berdiri kokoh dan memperlihatkan sosok gagah Bung Karno dengan tangan kanan menunjuk ke arah depan dan di tangan kirinya membawa tongkat. 

Peresmian Taman Pemuda Soekarno juga dihadiri sekitar 1.000 orang yang berasal dari organisasi Kepemudaan. Selain untuk mengenang jasa-jasa Presiden Pertama RI tersebut, Patung Bung Karno dipasang Pemkab Ngawi untuk mengambil semangat sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia bagi para pemuda.

Oleh karenanya, Taman Pemuda Soekarno memang secara khusus dimaksudkan untuk digunakan sebagai kompleks kegiatan kepemudaan. Kawasan di taman ini pun mengambil konsep ‘back to nature’ di mana desainnya dominan dengan warna hijau-biru dari rumput dan air untuk menghadirkan nuansa alam mengingat Taman Pemuda Soekarno juga dimaksudkan sebagai paru-paru kota.

“Jadikan Taman Pemuda Soekarno ini tempat yang nyaman bagi generasi muda Kabupaten Ngawi untuk berkumpul. Isi dengan kegiatan-kegiatan positif yang memang diminati anak muda,” pesan Mantan Menko PMK ini.

Puan juga meminta kepada Pemkab Ngawi dan stakeholder terkait untuk selalu memperkenalkan ajaran Bung Karno di Taman Pemuda Soekarno. “Sehingga dari Taman Pemuda Soekarno di Kabupaten Ngawi dapat muncul generasi muda yang menggoncang dunia seperti yang dikatakan Bung Karno,” ujar Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengingatkan, sejarah adalah fondasi bagi bangsa untuk meloncat ke depan. Menurut Puan, saat fondasi lemah maka Indonesia tidak akan bisa meloncat jauh. “Karena itu sudah menjadi tugas bersama kita untuk terus mengingatkan setiap generasi, khususnya generasi muda tentang sejarah Indonesia,” sebutnya. “Salah satunya adalah tentang sejarah tokoh Proklamator Indonesia, Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Bung Karno dan ajaran-ajarannya,” imbuh Puan.

Dalam memperkenalkan sejarah dan ajaran Bung Karno, Puan menilai para pemangku kebijakan harus kreatif untuk bisa menjangkau generasi muda. “Tidak bisa hanya dengan cerita-cerita verbal, zaman sekarang harus ada pengalaman yang bisa dirasakan. Maka saya apresiasi adanya Kawasan Taman Pemuda Soekarno di Kabupaten Ngawi sehingga sejarah Bung Karno dan ajaran-ajarannya bisa diperkenalkan ke generasi muda dengan cara yang menyenangkan di tempat ini,” paparnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER