Sabtu, 27 April, 2024

Pulang Kampung, Warga Desa Nelayan Gebang Mekar: Prof Rokhmin Putra Cirebon Timur Selalu Dihati

MONITOR, Cirebon – Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Caleg DPR RI) Dapil 8 Jabar dari PDIP, Prof Rokhmin Dahuri pulang kampung ke Gebang Mekar, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).

Saat memasuki Kampung Nelayan Blok Karang Bulu Gebang Mekar, Kang Rokhmin panggilan karibnya, disambut riang gembira oleh ratusan masyarakat yang langsung menyalaminya.

Warga juga menaruh harapan besar ke Prof Rokhmin untuk perbaikan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah mereka yang lebih baik. “Prof Rokhmin, Putra Cirebon Timur Selalu dihati,” kata Warga.

Sambil kampanye pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Prof Rokhmin berkata, kampung halaman sebuah tempat yang takkan pernah hilang dari ingatan. Tempat di mana Ia dan sahabat-sahabatnya tumbuh besar, belajar, dan merasakan cinta dari orang-orang terdekat. Setiap detik yang dihabiskan di kampung halaman selalu membawa kenangan indah yang tidak akan terlupakan.

- Advertisement -

“jangan lupakan kampung halaman, kemanapun bertugas, jangan lupa pulang melihat tempat kelahiran, Cirebon Timur buat ngangenin,” kenang Guru Besar IPB University ini.

Prof Rokhmin melakukan belanja masalah dari warga setempat, misalnya fasilitas tempat pelelangan ikan (TPI) yang ada wilayah desa tersebut lantaran tidak maksimal. Nelayan di Gebang Mekar, menyebutkan fasilitas yang ada di TPI dalam kondisi tidak layak.

Sebagian besar pilar bangunan terpantau rusak dan terbengkalai. Akibat kondisi tersebut, sebagian nelayan tidak menjual hasil tangkapan melalui TPI. Melainkan, menjajakan langsung ke beberapa pedagang di pasar tradisional. Warga juga mengeluhkan minimnya akses menuju lokasi TPI dan tidak maksimalnya fasilitas cold storage untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan.

Pelabuhan Perikanan dan TPI di pantai Baro, Gebang Mekar yang tahun 2003 Prof. Rokhmin bangun saat dia Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Gotong Royong, Presiden Megawati Soekarnoputri memerlukan ronovasi cukup besarm

Padahal, kata Prof Rokhmin, wilayah ini memiliki lahan luas dan TPI tersebut berada di daerah yang ditempati oleh banyak nelayan, hal itu tandai dengan banyaknya kapal nelayan.

Berdasarkan hasil pantauan, Prof Rokhmin kemudian mengungkapkan beberapa hal harus dibenahi yakni, akses jalan masuk menuju pantai dan fasilitas ‎cool storage. ‎Jalan masuk menuju Pantai Gebang Mekar perlu diperbaiki.

Selain itu, Prof Rokhmin melihat banyaknya muara sungai di Kabupaten Cirebon banyak mengalami pendangkalan, sehingga menyulitkan para nelayan membawa hasil tangkapan dari laut menuju darat.

Semua masyarakat nelayan Cirebon dan Indramayu berdoa dan mengharapkan Prof. Rokhmin terpilih sebagai anggota DPR RI 2024 – 2029. Supaya dapat mengatasi sejumlah permasalahan nelayan, Perikanan, dan Pertanian. Juga memperbaiki pembangunan dan kesejahteraan rakyat di wilayah Kab. Cirebon, Kota Cirebon, dan Kab. Indramayu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER