Minggu, 3 Maret, 2024

Jelang Nataru, DPR: Kondisi Aman, Nyaman, dan Lancar Jadi Faktor Utama

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengingatkan bahwa keselamatan, kenyamanan dan kelancaran menjadi faktor utama keberhasilan perayaan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Untuk itu, Novita meminta agar semua pemangku kepentingan baik Pemerintah maupun swasta mempersiapkan skema antisipasi lonjakan pergerakan masyarakat seperti tahun 2022 lalu.

“Kami berharap para pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan perhatian khusus terutama pada persiapan kebutuhan infrastruktur dalam menunjang keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran pada libur natal dan tahun baru 2023,” kata Novita.

Menurut Politisi Fraksi Partai Gerindra ini, semua persiapan infrastruktur utama maupun penunjang akan sangat berkaitan erat satu dengan lainnya. Misalnya, sambung Novita, terkait dengan layanan, ketersediaan dan kelayakan moda transportasi, baik darat, laut maupun udara harus dipastikan secara baik.

“Persiapan itu perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadi penumpukan kendaraan maupun penumpang akibat tidak memadainya sarana transportasi,” papar Legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah ini.

- Advertisement -

Tak hanya di sektor transportasi, lanjut Novita, kesiapan infrastruktur di sektor pariwisata juga menjadi kunci bagi kelancaran perayaan libur Nataru tahun ini. “Destinasi populer harus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk parkir, toilet, dan tempat istirahat. Sehingga pengembangan aksesibilitas menuju destinasi wisata perlu diperhatikan agar masyarakat dapat mengakses tempat-tempat tersebut dengan nyaman,” ucapnya.

Masih dikatakan Novita, persiapan infrastruktur di sektor pelayanan kesehatan, telekomunikasi, hingga langkah-langkah keamanan juga harus ditingkatkan. “Di sektor keamanan, perlu adanya peningkatan patroli, koordinasi antar instansi keamanan, dan perkuatan infrastruktur keamanan seperti CCTV dapat meningkatkan ketertiban selama liburan,” sebut Wakil Ketua BURT DPR RI tersebut.

Dengan demikian, Novita berharap dengan persiapan infrastruktur yang matang dan memadai, Pemerintah dapat memastikan masyarakat dapat merayakan libur Nataru dengan aman, nyaman, dan lancar. “Dan ini mencerminkan tanggung jawab Pemerintah dalam menyediakan lingkungan yang mendukung kebutuhan masyarakat saat mereka merayakan momen-momen penting bersama keluarga dan sanak saudaranya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER