Sabtu, 27 April, 2024

Sinergi Foundation Bersama Presiden RI Lepas Bantuan Kemanusiaan Lembaga Zakat ke Palestina

MONITOR, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo kembali melepas bantuan kemanusiaan titipan donatur Sinergi Foundation dan lembaga anggota Forum Zakat yang tergabung dalam Indonesia Humanitarian Alliance untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023). “Alhamdulillah pada pagi hari ini kita kembali akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke saudara-saudara kita di Palestina sebanyak dua pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton,” kata Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bantuan yang akan dikirim berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, dan barang-barang lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza.

“Bantuan ini berasal dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, masyarakat, di antaranya PT Paragon Technology and Innovation, Indonesian Humanitarian Alliance dan Baznas serta lembaga-lembaga lainnya,” kata Presiden Jokowi.

Lebih rinci, Presiden Jokowi menjelaskan, sama seperti bantuan tahap pertama, bantuan tahap kedua akan diangkut menggunakan pesawat. Nantinya, bantuan diserahkan kepada Egypt Red Crescent (ERC) Mesir dan UNRWA sebagai co-consignees di bandara El Arish, Mesir. ERC akan berfungsi sebagai fasilitator untuk barang Indonesia di El Arish, pengangkutan dari Al Arish ke Rafah Crossing dan pengurusan masuk bantuan Indonesia di perbatasan dengan Pemerintah Israel serta menyerahkan kepada UNRWA. Bantuan Masyarakat Indonesia diserahkan kepada ERC, yang melakukan pegurusan bantuan tersebut untuk kemudian diserahkan kepada Pihak yang ditunjuk oleh ERC untuk distribusi bantuan di Palestina.

- Advertisement -

Presiden Jokowi menegaskan, selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina, apalagi Indonesia merupakan salah satu utusan Organisasi Kerjasama Islam

“Sebagai salah satu utusan OKI, Menlu RI juga sedang ke beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata, dan bantuan bisa segera masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara di Palestina. Sekali lagi saya tegaskan Indonesia mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Umum Forum Zakat (FOZ) Irvan Nugraha mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaan dalam menitipkan donasi kepada lembaga zakat terpercaya dalam membantu masyarakat Palestina.

“Apresiasi juga untuk para lembaga zakat anggota FOZ yang aktif mengajak & membuka kesempatan bagi masyarakat untuk turut serta membantu masyarakat Palestina. Ayo pastikan kita semua terlibat  dalam memberi dukungan untuk Palestina,” ungkapnya.

Sementara, Koordinator Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) Ali Yusuf, mengatakan lembaga kemanusiaan dan zakat yang tergabung dalam IHA akan terus berkomitmen dalam membantu masyarakat Palestina. “Kami berkoordinasi secara intens dengan pemerintah dalam penyalurannya, memastikan agar mekanisme penyaluran ini jelas, transparan, dan akuntabel dengan mempertimbangkan situasi yang tidak mudah di lapangan pada kondisi krisis peperangan,” tandasnya.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy; Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury; Panglima TNI Laksamana Yudo Margono; Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo; Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto; Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo; Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun dan Perwakilan Lembaga Zakat Indonesia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER