Sabtu, 27 April, 2024

DPR RI Jadi Tuan Rumah Pertemuan MIKTA ke-9

MONITOR, Jakarta – Setelah sukses menjadi tuan rumah bagi Sidang Umum AIPA ke-44 pada bulan Agustus 2023 lalu, DPR RI kini kembali diberikan kesempatan menjadi Ketua dan sekaligus tuan rumah bagi pertemuan tingkat tinggi MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 yang akan diadakan pada 20 November 2023. MIKTA Speakers’ Consultation merupakan forum pertemuan konsultatif antar Ketua Parlemen negara Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turkiye, dan Australia. 

MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turkiye, dan Australia) sendiri adalah kelompok negara dengan kekuatan menengah yang bertujuan untuk menjadi jembatan bagi negara berkembang dan negara maju, serta merepresentasikan berbagai kawasan yang berbeda. 

Pada periode keketuaan MIKTA ditahun ini, DPR RI mengusung tema “Strengthening Multilateralism, Addressing Intergenerational Challenges”. Tantangan yang dihadapi dunia saat ini bersifat antargenerasi dimana tantangan ini tidak hanya membawa dampak terhadap kehidupan saat ini namun juga bagi generasi mendatang. Dengan semangat reformasi bagi sistem pemerintahan global, MIKTA terus mendorong dan mengupayakan penguatan multilateralisme untuk menjawab tantangan tersebut.

Dalam forum konsulatasi ini juga akan membahas penguatan partisipasi parlemen dalam reformasi pada sistem dan institusi internasional, isu perubahan iklim dan bagaimana implementasi dari komitmen negara-negara maju dan juga berkembang, serta pelibatan pemuda sebagai bagian dari masyarakat internasional dan pembuatan kebijakan yang dapat mempengaruhi kondisi perdamaian, kesejahteraan dan pelestarian lingkungan. 

- Advertisement -

MIKTA memiliki posisi yang unik dalam menghadapi tantangan regional maupun global. Dan diharapkan dalam pertemuan ini MIKTA juga dapat menjalin serta menguatkan kerjasama, kolaborasi kreatif , dan menghasilkan rekomendasi kebijakan yang dapat menyelesaikan tantangan antargenerasi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER