POLITIK

Pengamat Nilai Dua Figur Ini Berpeluang jadi Calon Wakil Gubernur Banten

MONITOR, Jakarta – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah November 2024 mendatang, sejumlah figur politik mulai mentereng sebagai kandidat-kandidat Calon Gubernur Banten yang akan berlaga.

Para politisi yang masuk bursa kandidat calon Gubernur dimulai dari pemimpin kepala daerah dan anggota parlemen, di antaranya, Airin Rachmi Diany, Wahidin Halim, Rano Karno, Iti Octavia Jayabaya, Irna Narulita, Ahmad Zaki Iskandar, Rizki Natakusumah, dan Yandri Susanto.

Direktur Ekskutif Lingkar Studi Politik Milenial menilai para figur ini memiliki kans politik untuk meraih kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, terlebih para kepala daerah memiliki modal yang besar.

“Para kepala daerah yang sedang menguasai wilayah politik teritorial maupun memiliki rekam jejak sebagai kepala daerah dan anggota legislatif memiliki peluang yang besar untuk terpilih sebagai wakil kepala daerah, terlebih mereka yang mempunyai jejaring keluarga politik,” ujar Imron Wasi saat dihubungi pada Selasa (7/11/2023).

Kendati demikian, lulusan magister FISIP UI ini juga bicara bahwa tidak menutup kemungkinan terbuka peluang bagi politisi yang sedang menjabat sebagai anggota parlemen di DPR, baik Rizki Natakusumah maupun Yandri Susanto untuk menjadi calon Wakil Gubernur Banten.

Sebelumnya, hasil survei IPRC juga menunjukkan bahwa para politisi di parlemen yang berasal dari Banten masuk dalam bursa Pilkada Banten 2024 mendatang, seperti Rizki Natakusumah yang memperoleh dukungan sebesar 0,6 persen dan Yandri Susanto sebesar 0,8 persen.

“Kedua figur politik ini, Rizki Natakusumah dan Yandri Susanto masing-masing memiliki peluang untuk didapuk sebagai calon wakil gubernur Banten, karena memiliki rekam jejak yang utuh selama menjadi anggota parlemen, plus relasi politik yang dimilikinya,” sambungnya

Lebih lanjut, menurutnya, dukungan masyarakat ini bisa saja dikapitalisasi secara politik. Sebab, tanpa mengakumulasi dukungan politik ini, hanya akan menjadi harapan semu belaka.

Recent Posts

Perjuangkan Isu Pendidikan di DPR, Gamal Soroti Profesi Guru Terbanyak Kena Pinjol

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI dr. Gamal menyatakan siap memperjuangkan isu kesejahteraan masyarakat, termasuk…

38 menit yang lalu

Nuon Telkom Dukung Pengembangan Ekosistem Gim Lokal di IGDX 2024

MONITOR, Jakarta - PT Nuon Digital Indonesia (Nuon) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia…

1 jam yang lalu

Dongkrak Pendapatan Negara, Prabowo diharap Realisasikan Pembentukan BPN

MONITOR, Jakarta - Presiden terpilih diharapkan merealisasikan rencana pembentukan Badan Penerimaan Negara (BPN). Pasalnya, pelembagaan…

3 jam yang lalu

Pengamat Ekonomi Nilai Kinerja Menteri BUMN Jokowi-Ma’ruf Buruk

MONITOR, Jakarta - Kritikus Media Sosial, Agustinus Edy Kristianto, menilai kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri…

4 jam yang lalu

Pengamat Ekonomi Ingatkan Pemerintahan Mendatang Sejahtetakan Rakyat

MONITOR, Jakarta - Pengamat Ekonomi, Yanuar Rizki, mengingatkan pemerintah untuk tidak terjebak dalam permainan kekuasaan,…

6 jam yang lalu

Wujudkan Birokrasi Berkualitas, Dirjen PPKTrans Kemendes PDTT Gaet Universitas Trilogi

MONITOR, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans) Kementerian Desa, Pembangunan…

6 jam yang lalu