Sabtu, 24 Februari, 2024

Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan BAZNAS ke Palestina

MONITOR, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk masyarakat Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

Bantuan tersebut merupakan gabungan dari bantuan pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk BAZNAS.

Bersama pemerintah, ada tiga lembaga kemanusiaan yang menghimpun bantuan untuk warga Palestina di Gaza, yakni BAZNAS, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia.

Bantuan kemanusian tersebut mencakup berbagai jenis kebutuhan, antara lain: makanan dan obat-obatan, perlengkapan wanita dan anak-anak. Juga alat penunjang disabilitas atau hygiene kit, selimut serta barang-barang lainnya yang dibutuhkan warga Palestina.

- Advertisement -

Bantuan diangkut oleh dua pesawat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara dan satu pesawat Airbus sewaan.

Presiden Jokowi hadir di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur untuk melepas pengiriman bantuan tersebut sekitar pukul 08.30 WIB. Presiden Jokowi menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan bantuan.

“Alhamdulillah bantuan masyarakat Indonesia akan dikirim ke Palestina. Ini adalah bantuan tahap pertama yang dikirim dengan tiga pesawat dengan berat 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, peralatan medis, selimut, tenda dan kebutuhan logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Gaza,” kata Presiden Jokowi.

Presiden berharap, selanjutnya akan semakin banyak bantuan dari masyarakat dan dunia usaha untuk warga Palestina.

“Ini merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. Tragedi kemanusiaan ini tidak bisa diterima. Saya menegaskan, Indonesia akan terus bersama perjuangan bagi kemerdekaan masyarakat Palestina,” kata Presiden Jokowi.

Secara teknis bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara El Arish di Mesir, yang lokasinya paling dekat dengan Gaza.

Dari bandara tersebut, bantuan kemudian diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk kemudian disalurkan ke Gaza melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) —dua badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA.

BAZNAS bekerja sama dengan sejumlah mitra, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan perusahaan dalam menggalang bantuan untuk Palestina.

Dari mitra retail di antaranya JSIT Indonesia Rp2 miliar, Yayasan Al-Bahjah Cirebon Rp1,24 miliar, Syafana Islamic School Rp168 juta, Pemerintah Kota Tidore Rp138 juta, Bupolo Muslim United Rp127 juta, Ponpes Attaqwa Putri Bekasi, Rusydatul Ummah, Korikawati Rp100 juta, Badan Wakaf Indonesia Rp100 juta, SD & SMP Generasi Rabbani Rp17 juta, MI Daarusshofa Rp11 juta, Persatuan Orang Tua Siswa SCB (POSS) Rp9 juta, Masjid Savana Ardea Rp8 juta, Balai PSDA Serayu Citanduy Rp5 juta, KRL Mania Rp1 juta, Masjid Shoutul Quran Rp2,1 juta, Masjid Gama Insani Tower Rp2 juta, dan Masjid Wisma KEAIA Rp1,8 juta.

Sementara BAZNAS Provinsi/Kota/Kabupaten yang telah menyerahkan donasi untuk masyarakat Palestina yaitu, BAZNAS Prov. Jawa Barat Rp150 juta, BAZNAS Kab. Kepulauan Selayar Rp120,814 juta, BAZNAS Kab. Seram Bagian Timur Rp100.100.000, BAZNAS Prov. Papua Barat Rp84.505.000, BAZNAS Kota Yogyakarta Rp75 juta, Kab. Bone Rp 52.769.500, BAZNAS Kab. Cianjur Rp 50 juta, BAZNAS Kab. Hulu Sungai Tengah Rp38.410.500, BAZNAS Kab. Sumbawa Barat Rp15 juta, BAZNAS Kab. Bantul Rp 10 juta, BAZNAS Kab. Lombok Utara Rp10 juta, BAZNAS Kab. Kepulauan Pangkal pinang Rp 5 juta, BAZNAS Kab. Tanah Laut Rp 5 juta, BAZNAS Kab. Banggai Laut Rp5 juta, serta BAZNAS Kota Cimahi Rp2,5 juta.

Tidak hanya itu, dari mitra digital terdiri atas Kitabisa.com, Salam Setara Foundation, Ayobantu.com, Bersedekah.com, Carats Indonesia, dan LinkAja Syariah. Untuk mitra perusahaan terdiri atas PT Paragon Innovation and Technology, sementara mitra luar negeri dari PPIM.

Adapun mitra LAZ yang menyerahkan donasi Membasuh Luka Palestina di antaranya, LAZNAS Sidogiri Rp600 juta, LAZNAS Lembaga Manajemen Infak Ukhuwah (LMI) Rp250 juta, LAZNAS Rumah Zakat Indonesia Rp200 juta, LAZNAS Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) Rp200 juta, LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia Rp100 juta, LAZ Provinsi Yayasan Al Hilal Rancapanggung Rp100 juta, LAZ Kab/Kota Cahaya Quran Rabbani Rp100 juta, LAZ Provinsi Zakat Sukses Rp50 juta, LAZNAS Mandiri Amal Insani Rp20 juta, danLAZ Nashirussunnah Permata (Yashiruna) Rp.17 juta.

BAZNAS mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada dalam agresi militer Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER