Sabtu, 27 April, 2024

Bantu Warga Terdampak Kekeringan, PMI Depok Distribusikan 82 Ribu Liter Air Bersih

MONITOR, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sudah mendistribusikan 82 ribu liter air bersih kepada empat kecamatan dan sembilan kelurahan di Depok, terdampak kekeringan akibat kemarau panjang.

Puluhan ribu liter air bersih tersebut berhasil didistribusikan dalam waktu tiga pekan, terhitung sejak 6 September hingga 27 September 2023.

“Kami hadir menolong sepenuh hati untuk warga yang membutuhkan. Pendistribusian air bersih dilakukan di empat kecamatan, di antaranya Kecamatan Cipayung, Tapos, Limo dan Sawangan,” ujar Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana, dikutip Minggu (01/10/2023).

Adapun, lanjutnya, warga penerima manfaat yaitu sebanyak 15.150 jiwa. Bantuan diberikan menggunakan truk tangki air bersih milik PMI Pusat.

- Advertisement -

“Sedikitnya tiga relawan PMI kami turunkan setiap melakukan pendistribusian,” ujarnya.

“Adapun beberapa wilayah yang pernah dijangkau yaitu RW 06 Kelurahan Cipayung, RW 03 dan 09 Kelurahan Limo, RW 13 dan RW 07 Kelurahan Tapos serta RW 14 Kelurahan Cilangkap dan lain sebagainya,” terangnya.

Dikatakannya, armada tangki air berkapasitas 5.000 liter dan siap mendistribusikan ke berbagai wilayah yang memerlukan.

“Kami juga sudah mengimbau rekan-rekan Ketua Ranting PMI Kecamatan se-Kota Depok untuk menginformasikan, bila ada sumur warga yang mengalami kekeringan,” terangnya.

Dalam satu hari, pihak PMI sanggup mendistribusikan satu hingga tiga wilayah. Untuk suplai air bersih sendiri, PMI Kota Depok juga bekerja sama dengan Perseroan Terbatas (PT) Tirta Asasta Depok Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda).

“Kita sudah kerja sama dengan PT Tirta Asasta dan mereka menyanggupkan memberikan air bersih secara gratis kepada kami, untuk didistribusikan lagi ke masyarakat,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan warga bisa memanfaatkan fasilitas ini, selama mobil truk masih ada,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER