Minggu, 5 Mei, 2024

Topang Ketahanan Pangan Rumah Tangga, Warga di Cipayung Depok Dilatih Bercocok Tanam

MONITOR, Depok – Sebanyak 35 warga Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung mengikuti pelatihan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), belum lama ini. Pelatihan ini dilakukan guna menciptakan ketahanan pangan di lingkup rumah tangga.

Lurah Ratujaya, Bambang Sugiharto menjelaskan, pekarangan dapat dimanfaatkan menjadi sumber pangan melalui teknik budidaya yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Meski pekarangan sempit, namun tidak menghalangi upaya untuk bercocok tanam.

“Rencana lahan 500 meter persegi di RT 004 RW 005 ini sebagiannya akan digunakan warga untuk menanam sayuran, buah, dan budidaya ikan,” katanya, dikutip Minggu (30/07/2023).

Dijelaskannya, selama tiga hari kemarin para peserta mempelajari cara membuat pupuk organik cair dan pestisida nabati. Kemudian, melakukan penyemaian benih cabai dan terong untuk awal mula bercocok tanam.

- Advertisement -

“Nantinya juga akan ditanam bayam, kangkung, sawi, pakcoy, terong, dan buah-buahan. Mudah-mudahan satu sampai tiga bulan panen,” katanya.

Bambang berharap, para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya. Sehingga hasil panen tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk warga setempat untuk sumber ketahanan pangan.

“P2L ini kami harapkan menjadi solusi ketahanan pangan, sebagai upaya penurunan stunting dan meningkatkan pendapatan rumah tangga,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER