Senin, 29 April, 2024

Heboh! Damkar Depok Tangkap Ular Sanca 3 Meter di Rumah Warga

MONITOR, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan seekor ular sanca yang masuk ke pemukiman warga, di Jalan H Unar, RT 01 RW 05, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (26/07/23) petang. Dengan kesigapan petugas, hewan liar tersebut diamankan hanya dalam waktu sembilan menit.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan pukul 21:25 WIB dan tiba di lokasi pada 21:35 WIB. Kemudian, pihaknya langsung bergerak cepat menuju lokasi guna melakukan evakuasi, sehingga pada 21:44 WIB ular berhasil ditangkap.

“Berkat ketangkasan empat petugas dari unit ranger Mako Kembang, hanya sembilan menit dapat berhasil menangkap ular tersebut,” ujarnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (27/07/23).

Dirinya menuturkan, ular dengan panjang 3 meter tersebut, diamankan di rumah warga. Petugas menggunakan sejumlah peralatan antara lain grabstick, sarung tangan, dan helm.

- Advertisement -

“Untuk sementara ular kami bawa ke kantor Mako Kembang sambil menunggu ada yang mau adopsi,” tuturnya.

Terakhir, Welman mengingatkan kepada warga apabila menemukan ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar tidak mengganggu atau mencoba menangkap sendiri. Terlebih, jika tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular.

“Bisa langsung telpon ke Damkar di nomor 021-77827280 atau lewat Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Saat menunggu petugas Damkar datang, diamkan saja, tetap perhatikan gerakannya,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER