Senin, 29 April, 2024

Wujudkan Kelurahan Tangguh Bencana, Sosmas BEM UI Gelar Roadshow

MONITOR, Depok – Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (Sosmas BEM UI) bekerjasama dengan Dinas Damkar Depok dan Yayasan PLAN International Indonesia menggelar roadshow sosialisasi mitigasi bencana di Kelurahan Tugu dan Kelurahan Mekarjaya, Senin (24/07/2023).

Sosialisasi mitigasi bencana dilakukan guna menciptakan Kelurahan Tangguh Bencana (KATANA) pada wilayah-wilayah yang berpotensi banjir dan kebakaran di kota Depok.

Wakil Kepala Departemen Sosmas BEM UI, Maritza Adelia Syawal mengatakan kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari yakni mulai Senin 24 hingga 25 Juli 2023.

Kegiatan dilakukan dengan merangkul para perangkat kelurahan, diantaranya para ketua RT, karang taruna, satuan
lintas masyarakat dan para pelajar SMA Depok.

- Advertisement -

“Kegiatan kita lakukan dengan melakukan pemaparan profil risiko bencana masing masing kelurahan, sosialisasi banjir dan early warning system, praktik penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan karung goni saat terjadinya kebakaran, serta panduan titik kumpul bencana,” kata Adelia, Selasa (25/07/2023).

Dengan mengedepankan aspek keberlanjutan, Sosmas BEM UI juga memberikan legacy
berupa rambu titik kumpul dan 4 APAR untuk kelurahan sasaran. Tidak hanya itu, Yayasan PLAN International Indonesia juga memberikan 5 tas siaga bencana dengan harapan legacy tersebut dapat berguna bagi kelurahan.

“Adapun kegiatan roadshow sosialisasi mitigasi bencana banjir dan kebakaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya mitigasi bencana dan upaya untuk mewujudkan KATANA agar seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berperan aktif dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat,” ungkap Maritza.

Maritza berharap kegiatan tersebut mampu selaras dengan tema kegiatan “Siap Bersama untuk Mitigasi Bencana”.

“Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini seluruh kelurahan yang ada di Depok dapat secara aktif berperan dalam berkontribusi melakukan mitigasi bencana, dan pemberian sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif tentang pentingnya mitigasi bencana dan upaya untuk mewujudkan KATANA agar seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berperan aktif dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Adelia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER