Minggu, 28 April, 2024

Koperasi Karya Perdana Sulteng Wujudkan Koperasi Berkualitas Melalui LPDB-KUMKM

MONITOR, Parigi Mutong – Kehadiran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menjadi nilai positif bagi sektor koperasi di Indonesia.

Selain memiliki layanan perkuatan permodalan koperasi, LPDB-KUMKM juga hadir memberikan pendampingan bagi koperasi dan UMKM melalui program inkubator wirausaha.

Seperti salah satu koperasi di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah yaitu Koperasi Konsumen Karya Perdana Gemilang. Koperasi primer tingkat provinsi ini bergerak di bidang perdagangan eceran bahan barang konstruksi dan unit simpan pinjam, yang mayoritas 3.800 orang anggotanya bergerak pada usaha produktif (pertanian), dengan jumlah karyawan sebanyak 55 orang.

Melalui sosialiasi DinkopUKM Kabupaten Parigi Moutong pada tahun 2011, serta informasi yang didapatkan melalui situs www.lpdb.go.id, Koperasi Konsumen Karya Perdana Gemilang melengkapi dokumen persyaratan pengajuan dana bergulir. 

- Advertisement -

Pada tahun yang sama, koperasi mendapatkan pinjaman pertama sebesar Rp300 juta, pinjaman kedua tahun 2015 sebesar Rp1 miliar, dan pinjaman ketiga pada tahun 2020 sebesar Rp1,8 miliar. Ketiga pinjaman tersebut kini telah berstatus lunas.

Pada tahun 2022, koperasi kembali mendapat pinjaman keempat sebesar Rp4 miliar dan kini pinjaman tersebut berkolektibilitas pembayaran lancar. Sejak awal berdiri pada tahun 2008, koperasi telah mencatatkan total aset sebesar Rp32,04 miliar.

Ketua Koperasi Konsumen Karya Perdana Gemilang I Ketut Winayasa mengatakan, pelayanan LPDB-KUMKKM sejak dulu hingga sekarang terkenal konsisten, dengan bunga layanan yang ringan, serta agunan fix aset 100 persen. Tiga hal ini menjadi pertimbangan utama koperasi untuk terus bermitra dengan LPDB-KUMKM.

“Dalam upaya meningkatkan produktivitas dan pendapatan usaha di tahun ini, koperasi melaksanakan berbagai langkah strategis. Di antaranya, meningkatkan manajemen pemasaran, mempercepat pelayanan tanpa mengabaikan kualitas, dan pembukaan kantor cabang untuk unit penjualan,” ujar Winayasa.

Rasakan Manfaat Dana Bergulir

Bermitra dengan LPDB-KUMKM, lanjut Winayasa, koperasi mendapat banyak ilmu dan pengalaman yang baru. Analisa selektif terhadap koperasi-koperasi yang akan mendapatkan bantuan modal kerja LPDB-KUMKM sangat bermanfaat bagi perkembangan usaha mitra penerima dan juga anggotanya. 

“LPDB-KUMKM merupakan mitra usaha koperasi yang konsisten dan terpercaya. Harapan kami, LPDB-KUMKM tetap konsisten menguatkan koperasi dalam hal permodalan, sehingga selain mendapatkan modal kerja, koperasi juga mendapat banyak ilmu khususnya untuk menjadikan koperasi yang lebih maju dan berkualitas di masa depan,” harap Winayasa.

Mewujudkan koperasi berkualitas juga menjadi harapan Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB-KUMKM. Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, perkuatan permodalan yang digulirkan LPDB-KUMKM bertujuan untuk meningkatkan usaha koperasi dan kesejahteraan para anggota. Dengan mengakses pembiayaan LPDB-KUMKM yang menawarkan bunga atau tarif layanan yang rendah, sangat berguna dan bermanfaat bagi perekonomian bangsa melalui badan usaha koperasi.

“LPDB-KUMKM memiliki misi mulia dari pemerintah yakni memajukan koperasi-koperasi di Indonesia, oleh sebab itu kami juga terus meningkatkan sisi kualitas layanan terutama dalam hal mendampingi dan mendorong koperasi agar dapat lebih berkembang,” kata Supomo.

Layanan yang ramah dan bersahabat, tandas Supomo, menjadi upaya LPDB-KUMKM mengoptimalkan fungsi layanan kepada masyarakat, selain target utamanya yaitu menyalurkan pinjaman/pembiayaan yang tepat sasaran/penyaluran, tepat pemanfaatan, dan tepat pengembalian.

“LPDB-KUMKM berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah melalui koperasi. Upaya “jemput bola” dilakukan guna memaksimalkan penyaluran ke seluruh Indonesia. Harapannya, perkuatan permodalan LPDB-KUMKM berdampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pemerataan pembangunan ekonomi nasional,” tutup Supomo.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER