Sabtu, 27 April, 2024

Pertamina Investor Day 2023: Kolaborasi Wujudkan Nilai Pasar 100 Miliar USD

MONITOR, Jakarta – Fungsi Investor Relations Direktorat Strategi, Portfolio dan Pengembangan Bisnis (SPPU) Pertamina menyelenggarakan kegiatan “Pertamina Investor Day 2023”, bertempat di Ballroom Grha Pertamina, Jakarta (2/7/2023).

Kegiatan ini merupakan upaya Pertamina untuk membangun networking antara Pertamina Holding, Subholding, anak perusahaan dan afiliasinya dengan para potensial investor maupun partner sehingga diharapkan bisa terjalin kolaborasi yang menghasilkan mutual benefit bagi kedua belah pihak.

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang hadir secara offline maupun daring. Para peserta terdiri dari para bonholders, investor, sektor perbankan, lenders, rating agency, business partner hingga potential partner Pertamina.

VP Investor Relations Juferson Victor Mangempis menyampaikan guna mencapai aspirasi Pertamina mencapai nilai pasar 100 Billion USD, Pertamina membutuhkan kolaborasi dan kegiatan ini digelar untuk membangun network di Pertamina Group sehingga bisa terjalin suatu kolaborasi.

- Advertisement -

“Pertamina memiliki aspirasi luar biasa untuk mencapai nilai pasar 100 Billion USD dan tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan hanya oleh Pertamina sendirian, maka Pertamina membutuhkan investor dan juga para”, ujarnya.

Menurut Juferson kegiatan ini bertujuan mempertemukan para partner dan investor yang memang selama ini sudah bekerja sama dengan Pertamina sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak dan langsung dari direksi Pertamina.

Kegiatan ini disambut baik oleh Direktur Strategi Portofolio dan Pengembangan Bisnis (SPPU) Pertamina, A.Salyadi Dariah Saputra yang mengatakan bahwa Pertamina memiliki berbagai strategi inisiatif yang membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari para partner dan investor.

“Kami memiliki berbagai strategi inisiatif untuk masa mendatang, hal ini tidak bisa hanya kami lakukan sendiri dan tentunya membutuhkan kolaborasi. Jadi menurut saya kegiatan ini sangat penting bagi Pertamina agar bisa berbagi dengan semua partner dan investor yang hadir berupa opportunity partnership di masa mendatang. Diharapkan hal ini bisa membuka kesempatan kerja sama, sekaligus membuat semua yang hadir di kegiatan ini bisa memahami Pertamina lebih baik lagi,” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut Direktur SPPU juga menjelaskan mengenai transformasi Holding dan Subholding, Anak Perusahaan dan Afiliasi di Pertamina, sehingga diharapkan semua partner dan investor bisa menjalin komunikasi langsung satu dengan lainnya.

“Partnership dan kolaborasi sangat penting bagi kami, nanti juga ada site visit langsung ke fasilitas Pertamina Geothermal Energy di Kamojang dan fasilitas Kilang Pertamina Internasional di Cilacap, sehingga semuanya bisa melihat secara langsung bahwa komitmen Pertamina tidak hanya di bidang oil and gas saja tapi juga di aspek renewable energy”.

Di kesempatan yang sama Direktur Keuangan Emma Sri Martini mengapresiasi kegiatan ini dengan meyakini bahwa transformasi yang dilakukan Pertamina sejauh ini diharapkan bisa menghasilkan output nyata bagi Pertamina.

“Pertamina telah melakukan transformasi dan saat ini memiliki 6 Subholding, hal ini diharapkan semakin memudahkan terjalinnya kolaborasi dengan investor atau partner. Melalui kegiatan ini diharapkan Pertamina bisa sukses mendapatkan output dan ada follow up setelah kegiatan ini”. ungkap Emma

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menegaskan komitmen Pertamina dalam pengembangan bisnis dan senantiasa membuka peluang untuk kerja sama dalam mewujudkan kolaborasi yang bersifat mutual benefit dengan mitra bisnis.

“Kami membuka peluang untuk berkolaborasi dan mengajak mitra Pertamina untuk semakin solid dan berkembang bersama untuk mencapai nilai pasar 100 Miliar USD,” kata Fadjar.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh para peserta salah satunya Direktur Marketing & Operasi PT Pertamina Training & Consulting PTC Indah Kurnianingsih.

“Pertamina Investor Day 2023 ini menjadi ajang yang sangat baik karena mempertemukan antara Pertamina termasuk di dalamnya PTC agar kami bisa bertemu dengan partner ataupun investor dalam usaha kami meng-enlarge skill bisnis. PTC sendiri ikut sebagai participant karena memang di tahun ini kami menargetkan dapat meningkatkan scale pasar kami ke pasar non-captive, kami menyambut hangat para investor untuk bersama kami berkolaborasi tumbuh dan berkembang bersama”, ucap Indah.

Hal senada juga disampaikan oleh Bayong C.Wibowo, Technical Commercial Advisor SINOPEC. “Ini pertama kalinya saya menghadiri Pertamina Investor Day dan saya cukup surprising dan excited untuk hadir di acara ini. Kesan saya terhadap acara ini adalah memberikan peluang yang besar untuk kami bertemu para pimpinan dan rekan-rekan di Pertamina. Kami punya passion atau minat yang sama untuk mengembangkan migas dan mungkin bisa ada hal berupa partnership yang dapat bersama-sama dengan Pertamina untuk mengembangkan energi security di Indonesia,” tuturnya.

Dalam Investor Day 2023 ini juga dilaksanakan exhibition yang berisikan ESG Showcase Pertamina,serta booth Subholding dan Anak Perusahaan Pertamina mulai dari Pertamina Hulu Energi (PHE), Pertamina Geothermal Energy (PGE), PT Pertamina Patra Niaga (PPN),Pertamina New & Renewable Energy (PNRE),Pertamina International Shipping (PIS),PT Kilang Pertamina Internasional (KPI),Pertamina Gas Negara (PGN),Patra Jasa, Tugu Insurance, Pertamedika IHC, Pelita Air Services, Pertamina Training and Consulting (PTC) dan lainnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER