Selasa, 30 April, 2024

Edukasi Lingkungan; Pasukan Hijau Sinergi Foundation Terbar Benih Sayuran

MONITOR, Jakarta – Suasana ramai Car Free Day Dago, Bandung pada hari Minggu (18/06), menjadi sasaran objek sosialisasi penghijauan oleh Sinergi Foundation. Sosialisasi tersebut dalam rangka menyambut hari Raya Idul Adha mendatang, dengan mengusung program Green Kurban; Kurban Next Level.

Green Kurban adalah program inovasi kurban dibarengi dengan program penghijauan. Dalam setiap 1 hewan kurban, turut ditanam 1 pohon sebagai bentuk ikhtiar hijaukan bumi. Dengan program inovasi ini, nilai ibadah tak hanyak ibadah kurban, juga ibadah dalam bentuk kelestarian lingkungan hidup.

Sinergi Foundation dengan mengusung nama Pasukan Hijau, berupaya tingkatkan awareness masyarakat untuk dapat stabilkan cuaca melalui penanaman pohon. Selain itu, menghimbau masyarakat untuk gunakan bahan yang sustainable dan lebih ramah lingkungan.

Salahsatu agenda edukasi lingkungan yang dilakukan Sinergi Foundation adalah membagikan benih sayuran kepada pengguna jalan di Car Free Day lalu. Bermula dari tanaman pangan, rasa kecintaan terhadap lingkungan ini mulai dilatih.

- Advertisement -

“Memulai penanaman benih berupa sayuran atau yang bisa dikonsumsi, diharapkan ini menjadi langkah awal masyarakat bisa menanam kecintaan kepada lingkungan”, ujar komandan lapangan Pasukan Hiijau, Muhammad Ramdan.

Sejalan dengan program Green Kurban, Pasukan Hijau juga mengingatkan perlunya perbaiki pangan dan lingkungan tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk kepentingan bersama.

“Alhamdulliah street campaign berjalan lancar serta cukup sukses juga dalam mengedukasi masyarakat terkait Green Kurban ini, karena masyarakat yang ada di CFD kemarin waktu pas kita tanya memang belum tau, Alhamdulliah jadi street campaign berjalan lancar dalam mengedukasi”, tutup Ramdan.

Dalam gelaran campaign tersebut, Pasukan Hijau bersama Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) juga membuka layanan kesehatan. Diantaranya cek tensi darah, gula darah dan kolesterol.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER