Sabtu, 4 Mei, 2024

Resmikan Tzu Chi Hospital, Jokowi Harap Berobat di Dalam Negeri

MONITOR, Jakarta – Hampir satu juta orang Indonesia berobat ke luar negeri setiap tahunnya, yang berimbas pada hilangnya devisa negara sampai 11,5 miliar dolar AS. Padahal dikatakan Presiden Joko Widodo, kualitas dokter-dokter di Indonesia tidak kalah baik dengan dokter di luar negeri.

“Kita akui bahwa dari sisi peralatan, rumah sakit di luar negeri masih lebih baik. Sekarang, rumah-rumah sakit dalam negeri sudah mempunyai peralatan yang modern dan canggih,” ujar Jokowi dalam konferensi pers, Rabu (14/6/2023).

Salah satunya yakni Rumah Sakit Tzu Chi Hospital di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta yang berkapasitas 576 kamar, yang diresmikan Jokowi.

Diketahui, RS Tzu Chi Hospital ini memiliki lima unggulan yakni pelayanan sumsum tulang, pelayanan paliatif, pelayanan untuk kanker, pelayanan ibu dan anak, dan pelayanan penyakit stroke.

- Advertisement -

“Dari data yang saya terima, orang Indonesia yang berobat ke luar negeri paling banyak untuk pengobatan kanker atau onkologi, ortopedi, gigi, hingga bedah kecantikan,” jelasnya.

Jokowi berharap kehadiran rumah sakit canggih dan modern di dalam negeri ini dapat mengurangi jumlah masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER