Senin, 29 April, 2024

WSL Krui Pro 2023 Perkuat Daya Tarik Wisata Bahari Pesisir Barat Lampung

MONITOR, Lampung – Kejuaraan Internasional World Surfing League (WSL) Krui Pro Tahun 2023 resmi dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf RI Fadjar Utomo, di Tanjung Setia Beach Pesisir Barat, Lampung, Senin (12/6).

Pembukaan Kejuaraan Internasional WSL tersebut sedianya akan dihadiri juga oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri namun kehadirannya diwakili oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bidang Kelautan dan Perikanan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri.

“Beliau sedianya mau hadir tapi hari ini memimpin rapat BRiN yang sangat penting terkait hasil penelitian untuk didistribusikan. Beliau mengutus saya untuk hadir khusus untuk menyemangati event yang sangat bermanfaat,” ujar Rokhmin yang juga Menteri Perikanan dan Kelautan RI periode 2001-2004 Kabinet Gotong Royong itu.

Pada kesempatan tersebut, Rokhmin Dahuri mengatakan bahwa kejuaraan Internasional World Surfing League (WSL) atau Liga Selancar Internasional Krui Pro Tahun 2023 merupakan salah satu event yang paling baik buat bangsa dan negara. “Program Krui Pro Tahun 2023 sangat relevan dengan cita-cita Presiden Jokowi dalam merekonstruksi dunia,” katanya.

- Advertisement -

“Atas dasar itu kami dari seluruh partai politik akan mendukung. Dan ini dibuktikan oleh pemerintah bukan hanya Kemenko Maritim dan Investasi, juga Kelautan dan Perikanan, Pariwisata, Kominfo juga Kementerian Pemuda dan Olahraga datang,” tambahnya.

Jadi, tegasnya, tidak ada alasan pemerintah pusat tidak mendukung all-out kegiatan ini karena ekonomi pariwisata laut dari 11 ekonomi maritim yang sangat potensial untuk memajukan dan memakmurkan bangsa. “Bahwa salah satu syarat suatu negara atau suatu daerah agar bisa maju yaitu dengan mengembangkan keunggulan kompetitif yang ada di masing-masing negara ataupun daerah,” ujar Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) itu.

Dan keunggulan kompetitif, bebernya, Kabupaten Pesisir Barat memiliki Keunggulan Kompetitif berupa pariwisata bahari selancar ombak indahnya dan menjadi salah satu ombak terbaik di dunia.

“Karena pertama ombak kirinya minimal mempunyai panjang 3-7 meter, jangkauan tepi pantai hampir tidak dijumpai di negara lain dengan panjang 300 meter sampai bibir pantai dan gelombang panjang nya lebih dari 15 kali,” kata Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) itu..

Rokhmin menegaskan bahwa sebagai lokasi yang menjadi tempat diselenggarakannya event surfing internasional ini, permintaan olahraga selancar setiap tahunnya terus mengalami peningkatan dimana tercatat pada tahun 2017 peserta yang mengikuti lomba hanya 87 orang sedangkan tahun 2023 peserta nya mencapai 300 orang lebih.

“Ombak selancar merupakan investasi yang murah sehingga ia mengajak seluruh masyarakat dan seluruh pihak terkait untuk selalu mensyukuri apa yang telah dimiliki Negeri Para Sai Batin dan Ulama itu sebab tidak banyak negara yang memiliki ombak selancar terbaik di dunia,” ungkapnya.

“Mari kita syukuri karena Kabupaten Pesisir Barat sebagai tuan rumah the best surfing on the world dan dalam rangka mengembangkan surfing di krui kami akan mendukung secara all out wisata bahari di Pesisir Barat bukan hanya surfing tetapi potensi pariwisata lainnya kita akan dukung bersama,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER