Jumat, 29 Maret, 2024

Dirut Jasa Marga Ungkap Strategi Pengelolaan Jalan Tol selama Lebaran ke Mahasiswa UI

MONITOR, Jakarta – Melanjutkan kerja sama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Universitas Indonesia (UI) dalam pengembangan di bidang pendidikan, Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, hadir menjadi narasumber dalam acara CEO Talks Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI 2023.

Materi dengan tema “Strategi Pengelolaan Jalan Tol Dalam Melayani Arus Lalu Lintas Mudik Balik Lebaran 2023” dipaparkan oleh Subakti kepada sekitar 500 orang Mahasiswa FIA UI, pada Jumat (09/06/2023), yang dilaksanakan secara hybrid. Dalam acara ini, turut hadir Komisaris Independen Jasa Marga yang juga merupakan Dekan FIA UI Chandra Wijaya dan Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti.

Dekan FIA UI Chandra Wijaya dalam sambutannya mengatakan, acara ini untuk memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja, salah satunya yang dipelajari dalam saat ini, yaitu bisnis industri jalan tol melalui Jasa Marga, sebelum memulai karir setelah lulus dari perguruan tinggi.

“Tidak hanya itu, di acara kali ini juga menghadirkan seorang tokoh nasional, yakni Direktur Utama Jasa Marga, Bapak Subakti Syukur, yang telah sukses memimpin Jasa Marga, khususnya dalam mengawal pelayanan operasional arus mudik dan balik Idul Fitri 1444 H yang lalu. Apa yang disampaikan oleh Pak Subakti ini dapat dijadikan pembelajaran yang baik kepada para mahasiswa,” ujar Chandra.

- Advertisement -

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan, Jasa Marga sebagai operator jalan tol terbesar di Indonesia harus mampu mempersiapkan strategi dan mitigasi selama masa arus mudik dan balik di tiap tahunnya.

Selain berkolaborasi dan berkoordinasi dengan para stakeholder, Jasa Marga juga melakukan berbagai persiapan di antaranya perhitungan proyeksi lalu lintas, menghitung v/c ratio, distribusi lalu lintas, rekayasa lalu lintas, penyediaan infrastruktur, armada operasional hingga personel yang siap siaga 24 jam.

“Teman-teman di sini dapat mengambil pelajaran dari bagaimana manajemen Jasa Marga menyusun strategi peningkatan pelayanan Lebaran 2023, salah satunya meningkatkan kapasitas lajur dengan alternatif jalur fungsional dan melakukan pelebaran satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dari tiga lajur menjadi empat lajur di kedua arahnya,” jelas Subakti.

Subakti juga mengungkapkan lebih lanjut, berdasarkan perhitungan indikator lalu lintas dengan teknologi berbasis Intelligent Transport System, Jasa Marga mampu memberikan perhitungan volume lalu lintas secara real time sehingga dapat dijadikan dasar dalam keputusan pengaturan lalu lintas oleh Kepolisian, baik contraflow maupun one way.

“Jasa Marga sebagai Perusahaan modern juga menerapkan Good Corporate Governance yang mendorong pengelolaan perusahaan secara profesional, transparan dan efisien yang juga dilengkapi dengan pengelolaan risiko dan sumber daya yang lebih efektif,” tambah Subakti.

Mahasiswa juga berinteraksi dengan pembicara melalui sesi tanya jawab, seperti Verrel Uziel, salah satu mahasiswa FIA UI menyampaikan rasa kagum terhadap kepemimpinan Direktur Utama Jasa Marga dalam mengawal bisnis, khususnya selama pandemi COVID-19 sehingga tahun ini dapat mewujudkan mudik yang aman, nyaman dan berkesan bagi pengguna jalan.

Sebelumnya Jasa Marga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan UI dan menjajaki kerjasama pengembangan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat membantu Perseroan dalam mewujudkan upaya jalan tol berkelanjutan serta dapat memaksimalkan peran dan kontribusi para pihak bagi Bangsa dan Negara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER