Kamis, 28 Maret, 2024

Pengusaha Plafon PVC Adit Setiawan Berikan Motivasi untuk Peserta Creative Young Entrepreneur 2023

MONITOR, Bali – Pengusaha muda asal Yogyakarta, Adit Setiawan menjadi salah satu pemateri dalam gelaran Creative Young Entreprenur (QYE) 2023. Acara ini akan digelar di Quest Hotel San Denpasar, 15-16 April 2023. Dalam acara yang merupakan agenda Junior Chamber International (JCI)  Indonesia dengan host Junior Chamber International (JCI) Chapter Badung Bali ini, Adit akan hadir bersama 6 pengusaha muda lainnya.

Keenam pengusaha muda itu, adalah Boy Satria CEO Escotel, Denny Santosa CEO & Founder Tribelio, kemudian David Ramos selaku Founder & Head Growth at Xurge Digital Media, Raymond Chin CEO & Founder 7preneur serta Felix Soesanto selaku President JCI Indonesia dan Marii Kitamura JCI Vice President.

Gde Brawiswara Putra selaku Executive Vice President JCI Indonesia sekaligus Chairman CYE menjelaskan, CYE adalah program dari JCI pusat. CYE merupakan ajang kompetisi bisnis level internasional. Kompetisi serupa juga digelar di negara-negara anggota JCI dari seluruh dunia.

Seleksi atau kompetisi di tiap-tiap negara ini, menjadi bagian dari seleksi bagi peserta kompetisi untuk lingkup yang lebih luas. Untuk Indonesia, peserta yang lolos seleksi tingkat nasional, akan dikirimkan dalam kompetisi serupa di tingkat Asia Pasifik, sebelum akhirnya mewakili Kawasan pada ajang seleksi di tingkat dunia.

- Advertisement -

“Nah, CYE di Bali ini, adalah ajang seleksi untuk tingkat nasional. Juaranya, sudah tentu akan menjadi wakil kami di Asia Pasific. Jadi memang ini ajang bergengsi untuk para pengusaha muda kita,” kata Gde Brawiswara, awal April.

CYE di Bali, akan diikuti oleh 100 peserta dari para pengusaha di seluruh Indonesia. Pada babak penyisihan, setiap peserta akan mendapat kesempatan untuk mempresentasikan usahanya selama 90 detik di hadapan para juri, pada Sabtu 15 April 2023. Dari 100 peserta, akan dipilih 10 kontestan yang kembali akan presentasi di depan juri total selama 10 menit pada tanggal 16 April 2023. Pada babak ini, juri akan diberi kesempatan mengajukan berbagai pertanyaan, guna menguji bisnis para peserta.

Dari presentasi dan tanya jawab inilah, juri kemudian akan mementukan juaranya, yang akan berhak mewakili Indonesia event serupa di tingkat Asia Pasific.

“Jadi untuk Sabtu 15 April itu agendanya adalah Business Coaching dan Preliminaries. Sedangkan di hari Minggunya, adalah finals dan awarding. Pak Adit, akan menyampaikan paparan dalam business coaching yang kami kemas dalam bentuk seminar,” kata Gde memberi penjelasan.

Gde mengungkapkan, keterlibat sejumlah pengusaha muda dalam gelaran CYE ini, merupakan bagian dari upaya membangun jejaring dan motivasi para pengusaha muda di Indonesia. Khususnya untuk Adit Setiawan, bagi JCI merupakan figur pengusaha muda yang memiliki sisi menarik dan bisa menjadi contoh figur pengusaha from zero to hero. Karena latar belakang Pak Adit yang dulunya adalah seorang TNI, dan menggeluti bisnisnya benar-benar dari nol,” kata Gde.

Terpisah, Adit Setiawan mengaku senang mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman bisnis dengan kalangan anak muda yang mulai merintis bisnis. Bos PT Indonesia Plafon Semesta (Indofon) ini berpandangan, bermunculannya pengusaha-pengusaha muda di Indonesia merupakan hal yang sangat positif. 

Ia berharap, jiwa kewirausahaan ke depannya semakin tumbuh di kalangan anak muda, sehingga ke depannya akan menjadi solusi bagi banyak persoalan yang ada di negeri ini. Termasuk di antaranya persoalan banyaknya pengangguran akibat keterbatasan lapangan kerja.

“Saya mengajak para pemuda untuk berani terjun ke bisnis. Utamanya di bidang industri produksi, agar Indonesia ke depannya bisa lebih mandiri dalam penyediaan material manufaktur,” kata Adit.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER