Selasa, 30 April, 2024

Melejit sebagai Tokoh Favorit, Erick Thohir Dinilai Bakal jadi Kuda Hitam di 2024

MONITOR, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai sebagai sosok paling melejit dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Terlebih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan Erick Thohir sebagai andalan untuk memperjuangkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia di tengah berbagai polemik yang ada.

Walaupun ajang paling bergengsi sepak bola junior itu ditetapkan tidak jadi diselenggarakan di Indonesia, namun nama Erick Thohir yang merupakan Ketua Umum PSSI bakal selalu diingat oleh masyarakat sebagai ujung tombak perjuangan tersebut.

“Adanya isu besar soal Piala Dunia U-20 ini seolah ada panggung dadakan berukuran raksasa terbentang di depan Erick Thohir. Seperti kuda hitam, Erick Thohir melejit sebagai tokoh yang menjadi favorit,” kata pengamat politik Yuari Prayanto atau Mazdjo Pray, Selasa (4/4/2023).

- Advertisement -

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indo Barometer, Erick Thohir melejit sebagai cawapres terkuat di bursa Pilpres 2024. Erick Thohir memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan kandidat lainnya yang sudah lama berkecimpung di dunia politik.

Erick Thohir terpotret memiliki elektabilitas sebesar 22,9 persen dan bertengger di urutan pertama dalam bursa cawapres. Sedangkan kandidat lain yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Khofifah berada di urutan kedua dengan elektabilitas 15,8 persen. Sedangkan Muhaimin berada di urutan ke tiga dengan elektabilitas sebesar 6,7 persen. 

“Nama Erick Thohir muncul ke publik di beberapa lembaga survei, salah satunya Indo Barometer yang baru kemarin. Mereka menyebut Erick Thohir telah menjadi cawapres primadona,” ujarnya.

Selain itu, faktor dukungan Presiden Jokowi kepada Erick Thohir untuk menyelesaikan polemik sepak bola di Indonesia juga berpengaruh. Dia melihat Erick Thohir menjadi pemimpin yang selalu dipercaya oleh Presiden Jokowi dalam menghadapi berbagai persoalan termasuk di dunia sepak bola.

“Makanya ketika Erick Thohir menjadi Ketum PSSI dan ada masalah yang saat ini sedang viral maka tidak heran Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada Erick Thohir untuk menyelesaikan ini,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER