Senin, 15 Juli, 2024

Ramadan tanpa PPKM, Ganjar: Semoga Khusyuk dan Dapat Hikmah

MONITOR, Semarang – Pemerintah Indonesia telah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memberikan ucapan selamat dan doa kepada seluruh umat Muslim di daerahnya.

“Kepada seluruh masyarakat Muslim saya menyampaikan, selamat menjalankan ibadah Ramadan,” ujar Ganjar Pranowo.

Ganjar berharap, masyarakat dapat menjalankan ibadah tarawih pertama dan puasa hari pertama hingga akhir dengan lancar. “Mudah-mudahan puasanya bisa lancar semuanya,” tutur Ganjar.

Ganjar juga menyambut baik berakhirnya pandemi Covid-19 dan ditiadakannya PPKM pada Ramadan tahun ini. Hal ini diharapkan mampu mengoptimalkan masyarakat yang rindu suasana Ramadan sebelum pandemi. “Jadi suasananya beberapa hari ini sangat religius dalam bingkai ke-Indonesiaan,” ucap Ganjar.

- Advertisement -

Meski demikian, Ganjar tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama Ramadan agar dapat terhindar dari penyebaran Covid-19. “Semoga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh khusyuk dan dapat mengambil hikmah dari bulan suci ini,” tutup Ganjar.

Bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman, kini tidak dibatasi lagi pergerakannya. Namun, Ganjar berharap masyarakat tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, guna mencegah penyebaran Covid-19 di tengah pandemi yang masih berlangsung.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER