Sabtu, 27 April, 2024

Sekolah Relawan Depok Bantu Fasilitas Masjid dan Musola di Jabar

MONITOR, Depok – Sekolah Relawan Depok pada tahun ini kembali menebar kebaikan Ramadan dengan menggelar kegiatan Ekspedisi Kejar Berkah.

Kepala Departemen Pengembangan Relawan Sekolah Relawan Depok, Ahmad Maulana Syarif mengatakan, melalui program ‘Ramadan Kejar Berkah’ para tim Ekspedisi Kejar Berkah nantinya akan memberikan bantuan ke sejumlah pelosok di wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Melalui program ‘Ramadan Kejar Berkah’, tim Ekspedisi Kejar Berkah nantinya akan menyelusuri daerah-daerah marjinal untuk aksi penyediaan fasilitas Masjid, Musola, yang membutuhkan bantuan atau tidak layak,” kata Syarif, seusai melepas keberangkatan Tim Ekspedisi Kejar Berkah di Alun-Alun Kota Depok, Jumat (17/03/2023).

Syarif menjelaskan, dalam program Ekspedisi Kejar Berkah, tim ekspedisi Sekolah Relawan akan menempuh perjalanan selama 30 hari, dengan target 30 titik lokasi di 15 kota/kabupaten se Jawa Barat.

- Advertisement -

“Semangat kolaborasi antara relawan, masyarakat sekitar, komunitas, para dermawan, akan mendukung perjuangan menyediakan fasilitas Masjid, Musala yang layak untuk ibadah Ramadan warga dengan target bantuan 3.000 meter karpet, 1.000 lampu, keran air, dan tanzif musala,” jelas Syarif.

Tidak hanya Ekspedisi Kejar Berkah, pada Tahun 2023 ini, Sekolah Relawan juga akan menjalankan program lainnya, dengan total target 106.000 penerima manfaat. Program ini akan dijalankan di 38 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Adapun program yang dimaksud di antaranya adalah program penyediaan pangan, yaitu berbagi ifthar dan sahur. Ini sebagai program yang akan dilaksanakan setiap hari pada Ramadan 1444 H.

“Selain itu ada juga program yang khusus untuk pemenuhan kebutuhan sembako dan mukena ibadah untuk lansia dhuafa. Program ini nantinya akan ditutup dengan program membahagiakan anak yatim menjelang hari raya, yaitu Belanja Bareng Yatim Dhuafa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Syarif menjelaskan, untuk penerima manfaat di Ramadan tahun ini meliputi pesantren/panti yatim dan dhuafa, lansia dhuafa, pekerja jalanan, keluarga dhuafa, atau penyediaan fasilitas tempat ibadah untuk Ramadhan.

“Semoga melalui kolaborasi dan sinergi berbagai pihak ini, kedatangan Ramadan bisa disambut dengan suka cita oleh kita semua. Ramadan Kejar Berkah, gapai keberkahan Ramadan bersama program kebaikan Sekolah Relawan,” pungkas Syarif.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER