Minggu, 2 April, 2023

Pemindahan IKN, Heru Budi Siap Jadikan Jakarta Kota Global

MONITOR, Jakarta – Penataan kota Jakarta akan terus dilakukan meskipun kedepan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dipindahkan. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pun merancang sinkronisasi rencana tata ruang wilayah bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto.

“Topik yang kami bahas di antaranya adalah jaringan transportasi massal berbasis rel yaitu MRT dan LRT yang akan terus digencarkan untuk menjangkau daerah-daerah penyangga Jakarta seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang,” ujar Heru Budi, Selasa (14/3/2023).

Selain itu, mereka membahas pemanfaatan ruang pada aset milik Pemerintah Pusat yang akan ditinggal pasca pindahnya ibu kota. Keduanya juga membahas pengembangan tanggul NCICD yang merupakan proyek besar untuk melindungi pesisir utara Jakarta dari ancaman banjir rob.

“Kami juga telah berkeliling ke sejumlah kementerian terkait untuk membahas sinkronisasi kebijakan tata ruang ini,” imbuhnya.

- Advertisement -

Heru memastikan Pemprov DKI akan bersinergi dengan Pemerintah Pusat siap untuk membawa Jakarta menjadi kota global dan episentrum pertumbuhan ekonomi pasca pemindahan IKN.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER