Senin, 29 April, 2024

Importir Arab Saudi Apresiasi Produsen Tekstil Indonesia

MONITOR, Riyadh – Importir tekstil dan produk tekstil (TPT) dari Arab Saudi mengapresiasi produsen TPT Indonesia karena telah menjadi mitra dagang yang kooperatif selama pandemi dan pascapandemi.

Kepercayaan yang diberikan produsen TPT Indonesia kepada importir Arab Saudi mempermudah transaksi dagang di antara kedua pihak. Hal tersebut mengemuka dalam business lunch antara Tim Ekonomi dan Perdagangan KBRI Riyadh dan AI-Ghaith Trading Est. (ATE) di Riyadh, Arab Saudi pada Jumat (3/2/2023).

“Importir TPT Arab Saudi, khususnya Al-Gaith Trading Est., merasa terbantu saat bekerja sama bisnis dengan produsen TPT Indonesia terlebih di masa pandemi Covid-19. Produsen TPT Indonesia antara lain PT. Fuji Palapa Textile Industries (Fujitex), PT. Trisulatex, dan PT Daliatex Kusuma membangun kerja sama dagang didasarkan pada faktor kepercayaan tanpa membebani persyaratan transaksi yang memberatkan Al-Gaith Trading Est.,” kata Atase Perdagangan Riyadh Gunawan.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad mengatakan, KBRI Riyadh beserta perwakilan perdagangan di Arab Saudi berkomitmen membantu importir Arab Saudi untuk mendapatkan TPT dari Indonesia.

- Advertisement -

Ia juga mengatakan akan mendorong agar semakin banyak produk-produk berkualitas dari Indonesia dapat masuk ke pasar Arab Saudi.

“KBRI Riyadh senantiasa mendukung dan membantu importir Arab Saudi mendapatkan produk-produk Indonesia lainnya, tidak terbatas pada produk TPT, karena melihat potensi produk Indonesia yang sangat besar, seperti sektor makanan dan minuman, sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, dan lain-lain,” kata Dubes Abdul Aziz Ahmad.

Segmentasi pasar untuk jenis produk TPT dari Indonesia yang dibidik ATE adalah kelas menengah atas. Selain dari Indonesia, produk TPT untuk pangsa pasar kelas menengah ini juga diimpor dari Korea Selatan, Jepang, dan Jerman.

Sementara itu, untuk produk TPT bagi pangsa pasar kelas menengah bawah, ATE lebih banyak mengimpor produk dari India karena kemampuannya bersaing dengan produk-produk dari Tiongkok yang terkenal kompetitif dan murah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER