Jumat, 19 April, 2024

HPN 2023, Sinergi Foundation Harap Insan Pers Terus Beri Manfaat

MONITOR, Jakarta – Pers merupakan salah satu garda penting yang menjadi wadah sebagai bentuk penyampaian  aspirasi berbagai lapisan masyarakat. Tepat hari ini 9 Februari merupakan Hari Pers Nasional 2023. Peringatan Hari Pers Nasional digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI.

Hari Pers Nasional sendiri pertama kali dicetuskan pada Kongres PWI ke 28 di Padang tahun 1978. Kongres tersebut dihadiri banyak tokoh-tokoh pers. Dari hasil pertemuan dan pemikiran mereka, akhirnya isu tentang Hari Pers Nasional tercetus.

Hingga akhirnya berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985 menjatuhkan bahwa pada setiap tanggal 9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional.

Pun, hingga saat ini kehadiran Pers banyak memberikan manfaat bagi masyarakat luas, terutama dalam memberikan informasi sesuai dengan nilai-nilai kebenaran dan keadilan bagi masyarakat.

- Advertisement -

Sebagai lembaga non-profit pengelola wakaf, zakat dan infak-sedekah. Sinergi Foundation sendiri banyak melibatkan Pers dalam menyebar kampanye-kampanye sosial di media cetak maupun digital.

Keterlibatan pers dalam membantu menyebarluaskan informasi ini, turut membantu Sinergi Foundation meluaskan kebaikan dalam membantu warga dhuafa di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Tahun 2023 ini peringatan Hari Pers Nasional diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara. Mengutip laman hpn.sumutprov.go.id, tema yang diusung dalam perayaan Hari Pers Nasional 2023 ini adalah ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’.

Dalam peringatan Hari Pers Nasional 2023, CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan mewakili seluruh keluarga Sinergi Foundation memberikan ucapan selamat kepada seluruh rekan-rekan media di tanah air dalam perayaan Hari Pers Nasional 2023.

“Saya mewakili keluarga besar Sinergi Foundation, ingin mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2023 kepada seluruh rekan-rekan media seluruh Indonesia. Semoga Pers bisa terus menjunjung idealisme dan profesialisme, serta menjadikan keadilan dan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan,” tutur Asep.

Lebih lanjut Asep menambahkan bahwa, dengan keberadaan Pers, dapat membantu Sinergi Foundation untuk terus menyebarluaskan kebermanfaatan bagi masyarakat luas. Diharapkan dengan informasi yang disebarkan oleh rekan-rekan Pers dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk saling berjabat tangan membantu masyarakat satu dengan yang lainnya.

Sesuai dengan tema yang diusung dalam perayaan Hari Pers Nasional 2023 ini, diharapkan semoga Pers dapat memiliki ruang untuk terus mengeksplorasi berita untuk menjungjung keadilan bagi masyarakat luas. Sehingga kehidupan demokrasi di Indonesia dapat berlangsung dengan aman dan tentram.

Dengan sinergi dari segenap donatur, mitra dan tentu saja peran Pers, Sinergi Foundation dapat mendirikan Rumah Bersalin Gratis untuk Ibu Dhuafa, Sekolah Gratis untuk Santri Penghafal Qur’an, Pemakaman Gratis bagi Dhuafa, dan program sosial lainnya.

Sinergi Foundation mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2023!

Sinergi Foundation (SF) merupakan lembaga filantropi yang mengelola dana Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. Dalam penyaluran dana ziswaf yang terhimpun, Sinergi Foundation memiliki beberapa program di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan sosial.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER