Rabu, 1 Mei, 2024

Sederet Aksi Penyelamatan Tak Biasa oleh Damkar Depok Selama 2022

MONITOR, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok tak hanya bertugas memadamkan api yang membakar bangunan, namun juga bisa melakukan aksi penyelamatan lainnya. Sepanjang 2022, sebanyak 7 aksi penyelamatan yang tak biasa berhasil dilakukan oleh petugas Damkar Depok.

Yang pertama, petugas Damkar Depok berhasil mengevakuasi seekor buaya milik warga di RT 05 RW 11, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

Hewan buas tersebut memiliki beban sebarat 80 kilogram dengan panjang mencapai empat meter. Petugas Damkar Depok diminta mengevakuasi hewan reptil ini karena pemiliknya sudah tidak sanggup mengurusnya.

Pemilik buaya yang merupakan warga Kelurahan Mekarsari khawatir dapat membahayakan masyarakat sekitar karena ukuran buaya yang semakin membesar.

- Advertisement -

Lalu penyelamatan kedua, petugas Damkar Depok berhasil mengeluarkan anak bayi yang terjebak di dalam mobil. Anak yang sedang tidur tersebut ditinggalkan oleh ibunya berbelanja ke salah satu toko swalayan di depan ruko The Caspia Cluster Azalea, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong.

Ketiga, petugas berhasil mengeluarkan cincin yang tersangkut di jari warga. Selama satu tahun ini, petugas Damkar Depok berhasil melepas dua cincin di sejumlah lokasi yang berbeda.

Di antaranya warga Jalan Letnan Harta Sukirman RT 03 RW 02, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Kemudian warga Jalan Kampung Pitara, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas.

Keempat, petugas berhasil mengeluarkan kaki warga yang terjepit tutup saluran air di Jalan Margonda Raya Nomor 39, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas. Untuk bisa mengeluarkan kaki korban petugas harus memotong baja penutup saluran air tersebut.

Kemudian, warga di Perumahan Griya Mulya III No V, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung yang kakinya terjepit kursi juga berhasil diselamatkan oleh petugas.

Kelima, melepaskan jari seorang anak yang tersangkut di tutup botol saat bermain. Peristiwa tersebut terjadi di Perumahan Pesona Khayangan Blok FA No 1, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji.

Keenam, melepaskan alat kelamin seorang anak berusia tujuh tahun yang terjepit resleting di Kecamatan Pancoran Mas. Dibutuhkan waktu selama 45 menit hingga akhirnya resleting terlepas.

Ketujuh atau terakhir, belum lama ini, petugas Damkar Depok mengevakuasi seekor kuda milik warga yang terperosok ke saluran air sedalam dua meter di Jalan Mandor Andara, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER