Jumat, 3 Mei, 2024

Polri Tangkap 24 Terduga Teroris, IPW: Napiter Perlu Dirangkul

MONITOR, Jakarta – Ketua Indonesian Police Watch (IPW), Sugeng Teguh, mengapresisi kerja Polri yang berhasil menangkap sebanyak 24 terduga teroris di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Utara menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menurut Sugeng, upaya preventif sangat diperlukan dalam mengatasi ancaman teror. Langkah ini sangat penting, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Dalam catatan IPW, keberhasilan penangkapan 24 orang terduga teroris ini adalah keberhasilan pemetaan atas jaringan teroris dan kerja deradikalisasi para Napiter oleh Densus 88 yang saat ini dipimpin oleh Irjen Pol. Martinus Hukom,” ucap Sugeng dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Sugeng juga menyarankan para Napiter perlu dirangkul agar mereka tidak masuk kembali dalam jaringan teroris atau menjadi Lone wolf, karena adanya paparan ideologi yang menyimpang.

- Advertisement -

Sebagaimana diketahui, pelaku bom Astana Anyar Bandung pada 7 Desember 2022 lalu, diketahui merupakan napiter yang diduga bergerak sebagai lone wolf dan sengaja menghilang dari pantauan polisi.

“Oleh karenanya, kerja pemantauan, pemetaan dan penggalangan terkait terorisme menjadi sangat penting,” tandas Sugeng.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER