Minggu, 29 Januari, 2023

Pemkot Depok akan Relokasi Masjid Jami Al Istiqomah Mampang

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana merelokasi Masjid Jami Al Istiqomah yang berada di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas ke lokasi baru, tak jauh dari lakosi masjid.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, selain untuk memberikan kenyamanan kepada para jamaah, relokasi dilakukan guna mengurai kemacetan di sekitar masjid.

“Sebenarnya itu untuk menyelesaikan banyak hal termasuk juga untuk kenyamanan jamaah,” kata Dadang, saat ditemui di kantor PWI Kota Depok, Selasa (05/12/2022).

Dadang menjelaskan, rencana relokasi terhadap Masjid Jami Al Istiqomah telah dikomunikasikan dengan sejumlah pihak, termasuk warga Kelurahan Mampang. Pemkot Depok juga telah siap mengalokasikan anggaran terkait relokasi tersebut.

- Advertisement -

“Untuk titiknya, mungkin warga yang lebih paham dan kita sudah mengalokasikan anggaran terkait itu. Karena radius tikung di simpang Mampang sangat tajam sehingga menimbulkan kemacetan,” pungkas Dadang.

Untuk diketahui, Masjid Jami Al Istiqomah merupakan masjid tertua yang ada di Kota Depok. Masjid yang terdiri dari dua lantai ini mampu menampung kurang lebih 1.000 jamaah.

Berdasarkan sejumlah sumber, Masjid tua ini dibangun oleh H. Djasim bin Sainun Syeh Maqnum Al-Fatah yang diyakini merupakan turunan dari Sunan Gunung Jati.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER