Rabu, 5 Oktober, 2022

Virus Cacar Monyet Menyebar, DPR: Awas Jangan Kecolongan!

MONITOR, Jakarta – Pemerintah diharapkan tidak kecolongan lagi menyikapi penularan virus cacar monyet atau monkeypox. Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska pun mempertanyakan bentuk koordinasi yang dilakukan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

“Kami ingin mendapatkan informasinya, sejauh mana kewaspadaan kita agar tidak menjadi pandemi cacar monyet. Saya kira ini perlu kita waspadai bersama sehingga semua sektor jangan kecolongan lagi. Sudah banyak masuk Indonesia lalu kita sibuk berteriak,” ujar Darul saat rapat bersama Kementerian Kesehatan di Gedung DPR RI, Senayan, belum lama ini.

Politisi dari F-Golkar ini juga menyinggung rencana pemerintah untuk mengimpor vaksin cacar monyet dari Denmark.

“Itu perlu uji klinis tidak? Atau bisa langsung digunakan. Sehingga kalau ada cacar monyet itu tidak perlu waktu lama untuk dilakukan vaksinnya,” sambungnya.

- Advertisement -

Ia pun mendukung PT Biofarma (Persero) mengembangkan vaksin monkeypox dalam negeri sebagai bagain dari strategi penanganan monkeypox. Pihaknya juga mendesak Kementerian Kesehatan RI untuk memperkuat kebijakan nasional penanganan Monkeypox melalui koordinasi lintas sektor untuk membuat kebijakan nasional, peningkatan surveilance dan skrining dengan penguatan kapasitas laboratorium pemeriksaan, termasuk sekuensing genomik.

“Komisi IX juga mendorong komunikasi secara masif ke masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan terkait penanganan Monkeypox,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER