Jumat, 29 Maret, 2024

Pemerintah Diharap Tingkatkan Kualitas Destinasi Wisata Lokal

MONITOR, Jakarta – Pemerintah didorong untuk meningkatkan daya tarik wisatawan agar mau berwisata di Tanah Air. Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung pun mendorong adanya narasi untuk setiap destinasi wisata yang ada di Indonesia, khususnya di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Kelebihan tempat-tempat wisata di luar negeri itu punya narasi. Bayangkan stonehenge di Inggris cuma batu bertumpuk-tumpuk itu yang datang luar biasa. Padahal kalau kita lihat biasa saja. Tapi mereka punya narasi bahwa itu warisan megalitikum katanya,” ujar Martin dalam kunjungan kerja reses di Labuan Bajo, NTT, Senin (8/8/2022).

Ia mencontohkan destinasi wisata di Indonesia yang sudah memiliki narasi adalah Danau Toba di Sumatera Selatan. Menurutnya dunia sudah mengetahui histori bahwa Danau Toba itu terbentuk dari letusan Gunung Toba pada jutaan tahun silam.

“Jadi nanti kalau ada event-event besar yang Bapak buat, itu sebagai pemicu, nah narasi itu agar mereka kontinyu untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya yang ada di sini. Kalau soal Komodo mungkin story-nya sudah ada, tapi semisal Pulau Padar dan lain sebagainya tolong itu dibuat narasinya,” ujar Martin.

- Advertisement -

Selain itu, Martin juga menyoroti kinerja Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni). Berdasarkan paparan yang disampaikan oleh Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni, Martin menilai Pelni masih belum dinamis.

“Seperti kapal ternak. Itu ternyata dari periode lalu dan masih satu. Padahal sebenarnya banyak sekali itu potensinya dan sayangnya itu sudah diambil swasta,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER