Rabu, 10 Agustus, 2022

Menkes Luncurkan SATUSEHAT, Layanan Kesehatan Berbasis Digital

MONITOR, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan resmi meluncurkan Indonesia Health Services (IHS), yaitu platform transformasi dan integrasi data layanan kesehatan nasional dengan nama ‘SATUSEHAT’ di Hotel Raffles Jakarta, Selasa (26/07/2022) kemarin.

Platform ini hadir sebagai upaya dan keseriusan Kemenkes dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik melalui transformasi digital.

”Kita memperkenalkan SATUSEHAT sebagai nama Indonesia Health Services yang merupakan platform integrasi dan standarisasi layanan data kesehatan di Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Budi menjelaskan, SATUSEHAT merupakan salah satu upaya Kemenkes dalam mentransformasikan layanan kesehatan melalui digitalisasi. “Ini merupakan sebuah platform konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integrasi antaraplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan,” ucap Budi.

- Advertisement -

Dengan adanya platform ini, kata Budi, maka pasien tidak perlu mengisi formulir baru saat berpindah fasyankes. Melalui SATUSEHAT, pasien juga bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan karena resume rekam medis di rumah sakit dicatat dan direkam secara digital dengan aman melalui persetujuan (consent) pemilik data.

”Hal ini sejalan dengan rencana Kemenkes RI dalam mentransformasikan PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat. Jadi manfaatnya akan semakin berkembang dari yang semula untuk penanganan pandemi bertransformasi menjadi lebih luas lagi,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER