Kamis, 18 Agustus, 2022

Anies Apresiasi Kerja Senyap Kader PKK Jakarta

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi peran kader dasawisma/ PKK yang selama ini bekerja dalam senyap, tak terlihat.

Menurut Anies, dampaknya sangat terasa, sehingga kesejahteraan warga di Jakarta menjadi terbantu, serta menghadirkan rasa kesetaraan, khususnya selama masa pandemi.

“Alhamdulillah kemarin dapat bersilaturahmi sekaligus memberikan apresiasi kepada Kader Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta dalam hajatan “Jakarta Menyapa” di Jakarta International Stadium,” ujar Anies dalam keterangannya, Minggu (17/7/2022).

Ia menjelaskan sejak tahun 2019, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berkolaborasi dengan TP PKK Provinsi DKI Jakarta, melibatkan 3.541 TP PKK Provinsi hingga kelurahan, dan 76.114 kader Dasawisma, untuk mengolah data di tingkat rumah tangga menggunakan aplikasi digital ‘CARIK JAKARTA’.

- Advertisement -

Di tahun 2021, kata Anies, bahkan telah dilakukan pendataan kepada 1,6 juta bangunan, 1,8 juta Kepala Rumah Tangga, 2,6 juta keluarga dan 8,8 juta individu.

Data tersebut juga dimanfaatkan oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk pemadanan data di berbagai program pemerintah, diantaranya program bantuan sosial, perumahan, pendidikan, potensi kerawanan bencana, serta bahan penelitian oleh institusi pendidikan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu semuanya atas kiprahnya, dan kami semua bangga bahwa MURI telah memberikan penghargaan rekor kepada PKK Provinsi DKI Jakarta atas pelaksanaan pendataan keluarga satu pintu yang terbanyak oleh kader PKK,” pungkas Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER