Rabu, 10 Agustus, 2022

Kebumen International Expo Resmi Ditutup, UMKM Pertamina Raih Transaksi Hingga Ratusan Juta

MONITOR, Jakarta – Kebumen International Expo (KIE) yang digelar sejak 25 Juni hingga 02 Juli 2022 resmi ditutup. KIE sukses digelar dengan menghadirkan beragam kegiatan seperti pameran, seminar hingga pertunjukan lain yang menarik perhatian masyarakat. Malam penutupan diisi dengan penampilan musisi legendaris Iwan Fals setelah sebelumnya hadir bergantian musisi papan antara lain Band Gigi, Rhoma Irama, D’masiv, Padi, Kotak, Kerispatih serta Shalawatan Gus Azmi.

Endang Natalia Eko Purnomo, atau akrab dipanggil Nana, Mitra Binaan Pertamina yang biasa berjualan lumpia dan siomay di Pasar Beringharjo nyaris batal berangkat ke ajang Kebumen International Expo (KIE) dikarenakan tidak ada ongkos, padahal dirinya sudah menyiapkan lebih dari 1000 potong lumpia siap goreng. “Sebelumnya saya pesimis dan menyangka event nya tidak akan sukses,” ujarnya.

Nana mengira karena KIE diselenggarakan di kota kecil dan baru pulih pasca Covid-19, pengunjung tidak akan terlalu ramai. Namun demikian, posisi booth yang strategis, VIP A pintu timur membuat booth UMKM Pertamina ramai pengunjung.

“Ternyata perkiraan saya meleset, selama gelaran KIE, setiap hari lumpia produknya habis terjual hingga lebih 100 porsihanya dalam 2 jam saja,” tuturnya.

- Advertisement -

Senada dengan Nana, Rubikem yang menjual aneka makanan tradisional seperti tiwul mini, tiwul chrispy, tiwul siap saji, gatotinstan dan keripik tiwul yang di awal gelaran KIE hanya membawa barang dengan stok yang terbatas, ternyata produknyahabis terjual. “Setiap hari tiwul mini habis terjual sebelum pukul11.00, begitupun produk lainnya,” ujarnya. 

PT Pertamina (Persero) terus mendorong agar Mitra Binaannya naik kelas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengikutsertakan Mitra Binaan di berbagai ajang pameran baik lokal, nasional hingga manca negara.

Pada kesempatan kali ini, Pertamina mengikutsertakan 15 UMKM terbaiknya di ajang Kebumen International Expo (KIE) yang berhasil mendatangkan lebih dari 220 ribu pengunjung dariberbagai daerah. 15 UMKM Pertamina yang meramaikan KIE ini berasal dari berbagai sektor antara lain 10 UMKM sektor kuliner, sisanya berasal dari sektor fashion dan kriya. Adapun total transaksi yang diperoleh 15 UMKM binaan Pertamina lebih dari 134 juta. Angka yang cukup signifikan mengingat produk yang dijual mayoritas makanan.

Kebumen International Expo merupakan sebuah event terbesar yang pernah diselenggarakan di Kebumen, digelar dari tanggal25 Juni – 2 Juli 2022 di alun-alun Kebumen. Ada 500 stan pameran meramaikan event ini. KIE dibuat dengan tujuan mendongkrak ekonomi masyarakan Kebumen dan memperkenalkan kota ini secara lebih luas.

Pjs. Vice President Corporate Communications, Heppy Wulansari menjelaskan beragam cara dilakukan PT Pertamina (Persero) untuk mendukung para UMKM Mitra Binaannya bangkit daridampak pandemi Covid-19 dengan skema roadmap pembinaan. Mulai dari kondisi tradisional, menjadi Go Modern, Go Digital, Go Online, hingga Go Global.

“Seluruhnya diberikan kepada Mitra Binaan tanpa pandang bulu, untuk mendorong UMKM menjadi unggul dan mandiri,” tuturnya.

“UMKM Mitra Binaan Pertamina dapat mendaftar untuk mengikuti ajang pameran yang akan diikuti Pertamina melalui link  https://bit.ly/kurasipameran2022,” ujar Heppy.

Adapun kriteria untuk mengikuti Pameran antara lain angsuran pinjaman lancar, tergabung dalam UMK Academy, pernahmengikuti pameran di tingkat lokal, mampu memproduksi sendiri dengan kapasitas yang memadai, memiliki materi promo (katalog dan video), tidak menggunakan LPG Subsidi, mengunduh aplikasi MyPertamina, follow Instagram gen_umkm. “Syarat terakhir UMKM harus bersedia untuk membuat paket promosi selama pelaksanaan pameran,” pungkasnya.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal inimerupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial(TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER