Rabu, 10 Agustus, 2022

Bertemu Vladimir Putin, Jokowi Siap jadi Jembatan Perdamaian

MONITOR, Moskow – Suasana cerah meliputi langit Moskow, Rusia, ketika Presiden Joko Widodo tiba. Presiden Jokowi dan rombongan pun disambut oleh Presiden Vladimir Putin dan jajarannya.

“Cuaca cerah menyambut kedatangan saya dan Ibu Negara di Moskow, pukul 11 siang waktu setempat,” ujar Jokowi melalui akun Instagramnya.

Selanjutnya, Jokowi dan Putin melakukan pertemuan. Keduanya membahas sejumlah hal diantaranya hubungan bilateral, isu global, operasi khusus Rusia di Ukraina, ekonomi global dan KTT G20 Bali yang akan digelar pada November mendatang.

Dalam kesempatan itu, Jokowi pun menawarkan Putin misi perdamaian serta menyampaikan kembali pesan dari Presiden Ukraina. Jokowi berharap dapat menjadi jembatan perdamaian bagi kedua negara yang tengah berkonflik itu.

- Advertisement -

“Isu perdamaian dan kemanusiaan menjadi isu politik luar negeri Indonesia. Indonesia akan berkontribusi menciptakan perdamaian dunia,” ujar Jokowi, Kamis (30/6/2022) waktu setempat.

Selain itu, Jokowi mendorong adanya ruang dialog antara kedua negara ini, serta memperhatikan rantai pasokan makanan bagi rakyat Rusia dan Ukraina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER