Sabtu, 2 Juli, 2022

Jelang Idul Adha, Puan Minta Pemerintah Serius Tangani PMK

MONITOR, Jakarta – Munculnya kekhawatiran masyarakat jelang Idul Adha terkait wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak menuai sorotan dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Puan pun mendesak agar pemerintah mempercepat tindak pengendalian penyebaran wabah tersebut. Sebab dikatakan Puan, kasus tersebut kian mengkhawatirkan.

“Kasus PMK pada hewan ternak sudah semakin serius karena penyebarannya semakin meluas. Pemerintah harus segera melakukan pengendalian karena masyarakat sudah semakin cemas mengingat sebentar lagi Idul Adha,” ujar Puan dalam keterangannya.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini mengingatkan Pemerintah untuk merespons kegelisahan warga, khususnya umat Islam yang merayakan Idul Adha.

- Advertisement -

“DPR berharap agar vaksinasi untuk menekan kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ini segera dilakukan. Dengan begitu, kita bisa mencegah penyebaran virus semakin luas,” imbuh Puan.

Lebih jauh, putri dari Presidem RI kelima Megawati Soekarnoputri ini mendorong vaksinasi bagi hewan ternak yang tidak terpapar PMK tersebut harus diprioritaskan untuk daerah-daerah yang sudah terjangkit penyakit mulut dan kaki serta wilayah sekitarnya.

“Pemerintah juga harus memperbanyak dokter hewan pada wilayah-wilayah terdampak. Sebab beberapa daerah sudah merasa kewalahan karena kurangnya tenaga medis yang bertugas melakukan penyuntikan obat untuk sapi yang terpapar PMK,” tukasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER