Senin, 3 Oktober, 2022

Sinergi UPH-Kemenparekraf, Dukung Mahasiswa Ambil Peran Majukan Pariwisata Berkelanjutan

MONITOR, Jakarta – Sustainable Tourism menjadi topik yang ramai dibicarakan karena diyakini merupakan kunci keberhasilan dalam kebangkitan pariwisata Indonesia. Terlebih lagi setelah pandemi, para pihak harus mulai kembali mendorong kemajuan aktivitas pariwisata. Hal ini yang menjadi dasar Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan (FPAR UPH) menggelar acara tahunannya yaitu HOSPITOUR 2022 pada 7-9 Juni 2022 yang dihadiri langsung oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).  

“Kita sekarang sudah memasuki tatanan baru setelah era pandemi termasuk bidang pariwisata yang harus kembali bangkit dari keterpurukan. Kita butuh anak-anak muda yang ingin menjadi entrepreneur dan mempunyai semangat membangun bisnis di bidang pariwisata. UPH sudah mempersiapkan itu semua dengan memberikan fasilitas terbaik untuk para mahasiswanya dan kita berharap para lulusan UPH nantinya dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” papar Sandiaga Uno membuka talkshow HOSPITOUR 2022.

HOSPITOUR 2022 yang mengambil tema “RESET” (Reinforcing Economic Sustainability by Empowering Local Tourism) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam memperkuat perkembangan bisnis pariwisata berkelanjutan. Dalam kesempatan ini, FPAR UPH juga telah resmi bekerja sama dengan Kemenparekraf melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Melalui kerja sama strategis ini, FPAR UPH berkomitmen untuk terus mendukung program pariwisata pemerintah dan mendorong mahasiswa untuk berani mengambil peran dalam kemajuan pariwisata berkelanjutan.

Prof. Dr. Diena Mutiara Lemy, A. Par., M.M., CHE., selaku Dekan FPAR UPH mengatakan bahwa HOSPITOUR UPH merupakan salah satu upaya untuk menyadarkan generasi muda agar dapat berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan pariwisata yang berkelanjutan.

- Advertisement -

“Sebagai salah satu institusi pendidikan di bidang pariwisata, FPAR UPH turut berpartisipasi dalam meningkatkan kesadaran generasi muda untuk ikut berkontribusi dan bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis pariwisata yang berkelanjutan. Selain itu, kami juga berharap seluruh rangkaian kegiatan yang digelar dapat menambah pengetahuan, melatih kemampuan, dan memotivasi para mahasiswa dari berbagai universitas, institusi, akademi pariwisata, dan sekolah tinggi pariwisata untuk menjadi pelaku pariwisata yang berkompeten dan bijaksana,” jelasnya. 

Meresponi terselenggaranya HOSPITOUR 2022, Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak., M.Eng., Sc. selaku Rektor UPH berharap para mahasiswa-mahasiswi Pariwisata UPH mampu menjadi para pelaku industri pariwisata masa depan yang profesional dalam menciptakan perubahan di berbagai aspek pariwisata. “Tentunya kita semua menyadari bahwa saat ini kita memasuki era baru dalam pariwisata setelah pemulihan pandemi. Untuk itulah, sebagai institusi pendidikan, FPAR UPH selalu menjadi fakultas pariwisata terdepan dalam mempersiapkan insan-insan muda terbaik dan kita berharap mereka mampu melakukan berbagai inovasi baru untuk mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Stephanie Riady, B.A., M.Ed., selaku Executive Director Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) menjelaskan bahwa kurikulum pariwisata berkelanjutan di UPH bertujuan untuk melatih mahasiswa merencanakan dan mengembangkan program yang mampu memberi dampak bagi lingkungan sosial, ekonomi, dan tentunya terkait pelestarian warisan budaya.Fakultas Pariwisata UPH berharap rangkaian acara HOSPITOUR 2022 yang terdiri dari seminar nasional, guest lecturerworkshop, dan berbagai kompetisi; mampu menjadi inspirasi dan semangat bagi generasi muda dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER