Senin, 4 Juli, 2022

Dampak Wabah PMK, Harga Jual Sapi Kurban di Depok Naik Rp 10.000

MONITOR, Depok – Pemilik peternakan sapi Cv. Puput Bersaudara, Didik Priyanto mengatakan, wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak yang sedang merebak di Tanah Air berpengaruh pada harga jual sapi.

Selain jumlah permintaan yang tinggi jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, kenaikan harga tersebut dipicu dengan adanya biaya tambahan pada perawatan sapi-sapi yang akan dijual.

“Untuk kenaikan pada tahun ini, itu sekitar Rp 10.000 per kilo hidup. Jika tahun sebelumnya kita jual Rp 60.000, tahun ini kita jual sekitar Rp 70.000,” kata Didik, saat ditemui MONITOR di perternakannya di Rangkapan Jaya, Jumat (20/05/2022).

Didik pun mengingatkan, masyarakat yang ingin membeli sapi kurban dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, Juli mendatang, agar memperhatikan beberapa hal. Diantaranya, sapi yang akan dibeli sudah dicek kesehatannya oleh dinas peternakan setempat.

- Advertisement -

“Belilah hewan kurban di tempat yang memang bisa anda lihat surat-surat resmi dari dinas kesehatan setempat (DKP3), seperti kita ini.

“Kita termasuk salah satu peternak terbesar di kota Depok. Jadi, mulai dari perizinan, sertifikasi kesehatan hewan, itu sudah lengkap, legalitas kita jelas,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER