Minggu, Mei 29, 2022

Antisipasi Hepatitis Misterius, Warga Depok Diimbau Lakukan Ini

MONITOR, Depok – Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Triwulandari mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam beraktivitas sehari-hari, serta tidak panik dalam menyikapi adanya penemuan kasus hepatitis misterius yang menyerang anak-anak saat ini di beberapa negara.

“Jangan mudah percaya hoax, jaga selalu kebersihan tangan, itu yang utama. Jadi, kita harus proteksi diri dengan selalu bersih,” ujarnya kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Naweng mengingatkan para orang tua untuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi anaknya. Ketika makan di luar rumah, agar membawa alat makan sendiri dan memastikan makanan itu bersih dan higienis.

Dikatakannya, wahana bermain anak-anak (playground) berpotensi menularkan penyakit hepatitis akut tersebut, termasuk kolam renang. Oleh sebab itu, saat ini sebaiknya menghindari kunjungan ke tempat wisata tersebut.

- Advertisement -

“Ketika di tempat umum jangan duduk di sembarangan tempat yang belum tentu bersih dan jangan memegang sembarang benda,” katanya.

Mantan Kepala UPTD Puskesmas Limo ini juga meminta supaya orang tua memeriksakan kesehatan anak jika timbul gejala mirip hepatitis akut. Seperti muntah-muntah, diare, mual, kejang-kejang, kesadaran menurun, warna mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah serta urin berwarna pekat dan BAB berwarna pucat.

“Jika mengalami gejala seperti ini langsung segera ke Puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya yang terdekat,” tuntasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER