Sabtu, Mei 28, 2022

Demi Keamanan, Warga Depok yang Hendak Mudik Diminta Koordinasi dengan Ketua RT

MONITOR, Depok – Danramil 04/Bojonggede, Kodim Depok, Kapten Inf Iswardi mengimbau warganya yang akan mudik lebaran untuk memperhatikan beberapa hal penting. Semua itu guna memastikan rumah tetap aman saat ditinggal dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dia menjelaskan, selama mudik lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Rumah yang kosong memicu kekhawatiran terjadinya tindak kejahatan dan kebakaran.

“Untuk warga yang mau mudik meminta berkoordinasi dengan Ketua RT atau tetangga terdekat untuk mengantisipasi hal-hal berbahaya, dan rumah pun selalu terpantau,” jelasnya, seusai kegiatan apel patroli tiga pilar di Pertigaan Bambu Kuning, Bojonggede, Sabtu (30/04/2022) malam.

Iswardi menyebut, sebelum meninggalkan rumah, pastikan pintu dan jendela terkunci rapat. Kemudian, harus mencabut semua kabel yang terhubung dengan listrik sebelum berangkat.

- Advertisement -

Selanjutnya, melepaskan colokan kabel dari stop kontak akan meminimalisir terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting yang dapat memicu kebakaran.

Sambungnya, berdasarkan evaluasi dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Depok, kebakaran kerap terjadi ketika pemilik rumah lengah dan tidak memperhatikan panduan tersebut.

“Untuk itu perhatikan rumah sebelum berangkat dan juga kesehatan. Terutama agar baik pergi dan pulang tetap dalam kondisi sehat,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER