Rabu, 25 Mei, 2022

Keuntungan Ganda Budidaya Ikan Konsumsi dengan Sistem Akuaponik

MONITOR – Memelihara ikan dan tumbuhan di satu tempat tanpa buang banyak uang ternyata bisa dilakukan dengan mudah dan menjadi usaha yang menguntungkan. Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh petani kota bernama Fatkhulloh melalui usaha budidaya Agro Bos Letong Akuaponik di Kawasan Pamulang Tangerang Selatan.

Fatkhulloh sukses mengembangkan usaha budidaya ikan konsumsi seperti budidaya nila , gurame, lele, patin, bawal dan lain-lain sekaligus dalam satu kawasan menyatu dengan tanaman sayuran dan buah.

Aquaponik (Akuaponik) sendiri merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Ikan adalah kunci dalam sistem aquaponik. Ikan menyediakan hampir semua nutrisi bagi tanaman dimana proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya.

Dalam sistem akuaponik, tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun atau amoniak dari kotoran ikan menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan. Dengan siklus ini akan terjadi siklus saling menguntungkan.

- Advertisement -

Saksikan selengkapnya di channel youtube agromaritim

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER