Sabtu, 21 Mei, 2022

Gubernur Maluku: Festival MAFERA Buka Peluang UMKM Tumbuh

MONITOR, Ambon – Kegiatan kolaborasi berbagai elemen atau organisasi masyarakat untuk mengisi bulan Ramadan atau Maluku Festival Ramadan (MAFERA) resmi dibuka dengan meriah di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu malam (17/4/2022) lalu.

Usai membuka festival, Gubernur Maluku Murad Ismail melanjutkan dengan kunjungan bersama Pimpinan Forkopimda ke area bazar UMKM yang tersebar melingkari panggung utama yang ada di Lapangan Merdeka itu.

Dalam obrolan santai saat mengelilingi tenda UMKM, mantan Kakor Brimob itu mengatakan kalau festival ini dapat menjadi agenda tahunan, selain mengisi bulan suci Ramadan dan melestarikan tradisi, juga membuka peluang bagi tumbuhnya UMKM.

“Ini menjadi awal yang baik, MAFERA juga bisa turut menghibur masyarakat jelang waktu Sahur,” ujar Murad dengan senyum khasnya.

- Advertisement -

Sebelumnya, dalam laporannya saat pembukaan kegiatan, Ikhsan Tualeka selaku ketua panitia menyampaikan tema dari MAFERA 2022 ini adalah, “Mempererat Ukhuwah, Membangun Negeri.”

“Dari tema ini, terlihat ada keinginan kita semua agar ukhuwah atau persatuan perlu terus kita tingkatkan atau pererat, karena dengan demikian kontribusi yang kita berikan dalam membangun negeri akan lebih maksimal dan optimal,” jelas Direktur Beta Kreatif itu.

Dijelaskan Ikhsan, MAFERA 2022 ini diisi oleh sejumlah kegiatan, antara lain Lomba Senandung sahur yang memperebutkan Piala Gubernur Maluku dan total hadiah 60 juta rupiah, Bazar UMKM, Tausiah oleh para dai cilik dan Talkshow Milenial Kreatif yang dipusatkan di Universitas Pattimura Ambon.

“Untuk Lomba senandung sahur, ada lebih dari 50 tim yang telah mendaftar, sementara untuk UMKM ada lebih dari 50 aneka produk makanan dan puluhan produk kerajinan. Sedangkan dalam talkshow sudah tercatat lebih dari 300 Milenial Maluku tercerahkan yang mendatar”, urai Ikhsan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER