Jumat, Mei 27, 2022

Komisi II: Tiga RUU Pemekaran Papua Bakal Disahkan

MONITOR, Jakarta – DPR RI tengah menargetkan rencana pengesahan tiga 3 Rancangan Undang-Undang Pemekaran Papua pada Juni 2022 mendatang. Haln itu terungkap oleh Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Muhammad Rifqinizamy Karsayuda.

Politikus yang akrab disapa Rifqi ini menyatakan, upaya pengesahan itu disesuaikan dengan tahapan Pemilu Serentak 2024 yang dijadwalkan mulai 14 Juni 2024.

“Kami berupaya sebelum Juni 2022, seluruh RUU itu bisa disahkan oleh DPR RI,” ujar Rifqi dalam keterangannya, belum lama ini.

Ia menjelaskan, pada 12 April 2022 lalu, setidaknya 3 RUU Provinsi Pemekaran Papua sudah disahkan DPR sebagai RUU usulan inisiatif DPR dalam rapat paripurna.

- Advertisement -

Kini, kata Rofqi, DPR sedang menunggu surat presiden (surpres) dan daftar inventarisasi masalah (DIM) dari pemerintah untuk segera membahas 3 RUU tersebut, yakni RUU tentang Provinsi Papua Selatan (Ha Anim), RUU tentang Provinsi Papua Tengah (Meepago), dan RUU tentang Provinsi Pegunungan Tengah (Lapago).

“Pengesahan ditargetkan Juni 2022 agar 3 provinsi baru tersebut bisa ikut Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Pasalnya, setiap daerah otonomi baru, maka daerah tersebut memiliki daerah pemilihan tersendiri yang perlu diatur dengan cepat sehingga bisa menyesuaikan dengan tahapan Pemilu Serentak 2024,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER