Jumat, 29 Maret, 2024

Kecam Insiden Penganiayaan, SETARA Minta DPR Fokus Tuntutan Demo

MONITOR, Jakarta – Aksi pengeroyokan dan penganiayaan yang dialami Ade Armando menuai kecaman dari Ketua SETARA Institute, Hendardi. Ia menilai tindakan kekerasan itu tidak mencerminkan ketidakdewasaan dan pemanfaatan secara destruktif dalam berdemonstrasi.

“Kami mengutuk tindak kekerasan dan dehumanisasi yang dialami AA. Pihak kepolisian perlu melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap para pelaku,” ujar Hendardi dalam keterangan persnya.

Ia pun menyayangkan adanya narasi yang dihembuskan seolah gerakan aksi tersebut disusupi kepentingan politik tertentu, disusupi kelompok-kelompok yang hendak melakukan tindak kekerasan, ataupun narasi-narasi yang mengarahkan bahwa ini tidak lagi murni gerakan mahasiswa.

“Aksi unjuk rasa mahasiswa memainkan perannya yang signifikan dalam pengawasan secara langsung terhadap kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah,” ucap Hendardi.

- Advertisement -

Hendardi menegaskan, pihaknya sangat menekankan agar substansi yang disuarakan dalam gerakan mahasiswa ini haruslah menjadi atensi utama bagi pemerintah dan DPR.

“Ketiadaan atensi pemerintah dan DPR terhadap substansi gerakan hari ini hanya akan menggambarkan ketidakmampuan dan keengganan pemerintah untuk memahami persoalan dan tuntutan yang disampaikan mahasiswa secara utuh dan mengatasinya secara mendasar. Meskipun pada dasarnya aksi-aksi anarkis dalam unjuk rasa tidak dapat dibenarkan, namun seharusnya pemerintah dan DPR fokus pada substansi unjuk rasa,” imbuhnya tegas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER