Sabtu, 20 April, 2024

Jokowi Harap KPU-Bawaslu Tancap Gas Siapkan Pemilu dengan Matang

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo telah melantik serta mengambil sumpah jabatan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa jabatan tahun 2022-2027 di Istana Negara, Selasa (12/4/2022) kemarin.

Adapun tujuh anggota KPU yang akan bertugas tahun 2022 sampai 2027 adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Sementara itu, lima anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027 yang dilantik hari ini adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Jokowi sangat berharap anggota KPU dan Bawaslu yang telah dilantik ini dapat segera bekerja menjalankan tugas dan kewenangannya mengawal Pemilu dan Pilkada mendatang.

- Advertisement -

“Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas, langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menjalankan tugas dan kewenangannya untuk mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan pada tahun 2024,” pesan Jokowi usai pelantikan.

Selain itu, Jokowi juga berpesan agar masyarakat diberikan edukasi politik untuk menyambut agenda Pemilu serentak. Pesan tersebut disematkan Jokowi khusus pada KPU RI.

“Saya titip agar KPU juga menekankan soal pendidikan politik pada masyarakat. Jangan lagi membuat masyarakat terprovokasi oleh isu-isu politik identitas. Kita ajak masyarakat menyambut pemilu dengan gembira sebagai pesta demokrasi rakyat,” imbuhnya.

Mengingat tahapan awal akan dimulai pada 14 Juni 2022. Menurut Jokowi, hal ini penting dilakukan, karena merupakan momen pertama kalinya penyelenggaraan pileg, pilpres, dan pilkada dalam tahun yang sama.

“KPU dan Bawaslu harus segera mempersiapkan semuanya secara detail dan matang, menjaga agar kualitas demokrasi tetap terjaga,” ucap Jokowi tegas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER