Jumat, 26 April, 2024

Walikota Depok Ungkap Keutamaan Berbagi Menu Takjil di Bulan Ramadan

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menjelaskan keutamaan memberikan santunan atau berbagi di bulan Ramadan. Sebab, menurutnya, segala amal baik akan mendapat balasan berlipat ganda di bulan suci umat Islam ini.

Dijelaskan Idris, Ramadan merupakan bulan kesabaran dan santunan. Karena, dengan kesabaran balasannya adalah surga, pada bulan ini juga Allah SWT melapangkan rezeki setiap hamba-Nya.

“Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka. Serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut, hadist riwayat Khuzaimah,” kata Mohammad Idris dalam tausiah malam ketiga Ramadan, Senin (04/04/2022).

Menurut Idris, potongan sabda Rasulullah Muhammad SAW tersebut menjelaskan betapa santunan dan kedermawanan merupakan ibadah sosial yang bernilai lipat ganda di sisi Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan, bahwa santunan juga saling terkait dengan kesabaran dan karunia rejeki dari Allah SWT.

- Advertisement -

“Artinya, pemberian santunan memang memerlukan kesabaran dari pelakunya. Sabar dalam ketaatan kepada Allah, sabar dalam mengalami musibah,” terangnya.

Sambungnya, mungkin si kaya sedang dalam kesulitan di masa pandemi atau bahkan terdampak. Namun, karena kesabarannya dia bertekad tetap memberikan santunan kepada mereka yang membutuhkan.

“Toh kondisinya masih jauh lebih baik dari kondisi mereka yang miskin,” ujarnya.

Idris menambahkan, demikian pemberian santunan dapat dikaitkan dengan pernyataan rahmat Allah di bulan Ramadan akan tersalurkan kepada hamba-Nya yang beriman. Tentu hal itu harus disikapi dengan rasa syukur kepada-Nya.

“Salah satunya dengan memberikan santunan kepada yang lebih membutuhkan uluran tangan kedermawanan,” tuntas Idris.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER