Sabtu, 20 April, 2024

16 Terduga Teroris NII Ditangkap, Polri: Ada Niat Gulingkan Pemerintah

MONITOR, Jakarta – Polri menyebutkan bahwa 16 terduga teroris yang disebut jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang ditangkap di Sumatera Barat (Sumbar) berniat menggulingkan pemerintahan yang sah, dan juga berencana untuk merubah ideologi negara.

Hal tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik Densus 88 Antiteror Polri terhadap 16 terduga teroris NII yang ditangkap di Sumbar.

“Memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau atau chaos,” kata Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar dalam keterangannya, Senin (28/3/2022).

Menurut Aswin, para terduga teroris jaringan NII itu juga melakukan berbagai kegiatan i’dad atau latihan ala militer secara rutin.

- Advertisement -

“Merencanakan persiapan logistik berupa persenjataan,” ujar Aswin.

Selain itu, 16 terduga teroris itersebut juga aktif melakukan rekrutmen anggota secara masif di wilayah Sumatera Barat. Bahkan juga dengan melibatkan anak-anak di bawah umur.

“Terhubung dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Bali,” tutur Aswin.

Ia menambahkan, sebanyak 16 tersangka tindak pidana teroris dipersangkakan melanggar Pasal 15 Jo pasal 7 dan atau pasal 15 Jo pasal 12b ayat 1 Undang-undang No 5 tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

“Penegakan hukum terhadap anggota NII di Sumbar dalam rangka mengungkap struktur jaringan NII di tingkat pusat dan daerah,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER