Kamis, 18 April, 2024

Kuatkan Perekonomian Kerakyatan, Budiman Sudjatmiko Inisiasi Kolaborasi UMKM

MONITOR, Jakarta – Ketua Inovasi UMKM, Koperasi, dan Pembangunan Desa Yayasan Jokowi Center, Budiman Sudjatmiko menginisiasi kolaborasi antara UMKM dengan Pusat Koperasi Angkatan Laut (Puskopal) Koarmada II TNI AL. Kolaborasi dilakukan lewat penandatanganan MoU di Monumen Kapal Selam atau Monkasel di Surabaya.

Budiman menilai UMKM telah terbukti menjadi pondasi utama bangsa dalam menjaga perekonomian nasional yang terdampak pandemi COVID-19.

“Tujuan diadakannya MoU ini adalah untuk meningkatkan kegiatan UMKM dengan inovas-inovasi dan terobosan baru guna meningkatkan spirit usaha di masyarakat,” ujar Budiman dalam kapal selam Pasopati, Surabaya, Jumat (25/3/2022).

Budiman mengatakan MoU ini terkait pengelolaan Museum Kapal Selam di Surabaya sebagai pusat kegiatan UMKM dengan basis inovasi koperasi.

- Advertisement -

Budiman menuturkan MoU ini juga bertujuan untuk memberi pelayanan kepada masyarakat yang dapat menggerakkan roda usaha dalam rangka penguatan ekonomi kerakyatan.

Lebih lanjut, Budiman menjelaskan bahwa Museum Kapal Selam akan dirancang sebagai sentra Inovasi UMKM di Kota Surabaya. Inovasi UMKM yang dilakukan berbentuk kegiatan pasar dan wisata rakyat.

“Nanti InsyaAllah akan ada aset-aset yang dimiliki TNI AL bisa dipakai untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM,” ujarnya.

Di sisi lain, Budiman menuturkan bahwa pembinaan UMKM terinsiprasi dari berbagai program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo untuk memajukan produk dalam negeri. Sebab, dia berkata Jokowi telah menegaskan untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

“Pak Jokowi telah menegur beberapa kementerian yang banyak menggunakan produk impor. Harusnya pakai produk dalam negeri. Sektor UMKM itu menjadi penting,” ujar Budiman.

Selain itu, Budiman juga mengingatkan koperasi harus berperan penting dalam mengatasi persoalan yang ada di masyarakat, misalnya terkait ketersediaan minyak goreng.

Budiman menegaskan ekonomi kerakyatan sangat penting untuk memajukan bangsa.

“Kolaborasi antara usaha-usaha kecil sangat penting. Karena, usaha kecil yang kompak bisa menandingi usaha besar,” ujar Budiman.

Lebih dari itu, Budiman mengapresiasi Jokowi dalam memimpin negara. Dia melihat banyak kemajuan yang telah diberikan Jokowi selama memimpin negara.

“Pak Jokowi bagus dalam membangun negara,” ujar Budiman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER